Mohon tunggu...
Nindya Dwi Anggana
Nindya Dwi Anggana Mohon Tunggu... Penulis - Writer

Halo! Saya seorang Copywriter dan Marketing Officer di Widya Security. Saya memiliki ketertarikan dalam menulis dan ingin berbagi pengetahuan seputar cyber security melalui tulisan saya.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

Urgensi Keamanan Industri BFSI Tahun 2024 dalam Penerapan Sertifikasi ISO 27001

5 Januari 2024   00:15 Diperbarui: 5 Januari 2024   00:30 160
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cover Artikel Keamanan Industri BFSI. Foto: Widya Security

Yogyakarta, 29 Desember 2023 - Sertifikasi ISO 27001 bagi Industri BFSI sangatlah penting. Tetapi, apa itu BFSI? BFSI merupakan singkatan dari perbankan, jasa keuangan, dan asuransi. Seperti yang kita ketahui, sektor ini menyimpan banyak data sensitif milik nasabah yang disimpan dalam suatu sistem. Tahun ini banyak terjadi kasus kebocoran data yang menimpa industri BFSI, dan di tahun 2024 akan diprediksi akan terus terjadi peningkatan serangan siber. Menyadari urgensi ini, industri BFSI perlu menggunakan standar keamanan informasi tertinggi seperti ISO 27001 untuk memastikan keamanan, integritas, dan ketersediaan data yang krusial

Seperti yang kita ketahui, Sertifikasi ISO 27001 merupakan standar keamanan data yang diakui secara global yang diterbitkan oleh Organisasi Internasional untuk Standardisasi untuk manajemen keamanan informasi. Industri BFSI memungkinkan kita melakukan transaksi secara online. Hal ini didukung oleh perkembangan digitalisasi yang semakin pesat, membuat hampir semua aktivitas dilakukan secara online.

Pada tahun 2024, ancaman siber seperti serangan phishing, malware, dan serangan ransomware yang gejolak tetap menjadi risiko utama untuk sektor keuangan. Untuk melindungi data-data tersebut, industri BFSI perlu menerapkan sistem keamanan informasi yang memadai. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan sertifikasi ISO 27001.

"Penting untuk diingat bahwa serangan siber dalam industri BFSI bukan hanya tentang kebocoran data, tetapi juga dapat memiliki dampak serius pada kepercayaan nasabah dan stabilitas pasar. Sertifikasi ISO 27001 membantu menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi seluruh sumber daya yang terlibat." Ungkap Alwy Herfian Satriatama selaku CEO Widya Security.

Menyoroti hal tersebut, Widya Security sebagai perusahaan yang berfokus pada sektor cyber security menyediakan layanan konsultasi ISO 27001. Sejak tahun 2020, Widya Security telah berhasil mengembangkan layanan konsultasi ISO 27001 untuk membantu perusahaan dalam melakukan sertifikasi ISO 27001.

Widya security yakin, dengan layanan konsultasi ISO 27001, akan membawa dampak positif bagi perusahaan. Widya Security  akan membantu perusahaan dalam menghadapi tantangan maupun serangan siber yang dapat merugikan perusahaan. Perusahaan akan menemukan banyak kerugian jika tidak menerapkan sertifikasi ISO 27001 dalam menjalankan kegiatan operasionalnya.

Banyak peraturan yang mengharuskan industri BFSI untuk menerapkan sistem keamanan informasi yang memadai. Sertifikasi ISO 27001 dapat membantu perusahaan untuk memenuhi persyaratan peraturan tersebut.

"Tim ahli kami tidak hanya berfokus pada penerapan standar, tetapi juga memberikan konsultasi ISO 27001 untuk membantu klien memahami dan mengelola risiko dengan lebih baik. Kami berkomitmen untuk menjadi mitra yang akan mendukung dalam perjalanan keamanan informasi klien kami." Tambah Alwy.

Dengan penerapan sertifikasi ISO 27001, perusahaan akan mendapatkan banyak manfaat. Perusahaan di industri BFSI tidak hanya melindungi diri mereka dari potensi risiko keamanan informasi, tetapi juga meningkatkan citra dan kepercayaan pelanggan. Keputusan untuk melibatkan diri dalam upaya ini adalah langkah strategis yang akan membantu industri BFSI menghadapi masa depan dengan perlindungan keamanan data yang lebih terjaga.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun