Kurikulum adalah seperangkat atau suatu sistem rencana dan pengaturan mengenai bahan pembelajaran yang dapat dipedomani dalam aktivitas belajar mengajar. Semua lembaga pendidikan harus memiliki kurikulum sebagai bahan pembelajaran guru terhadap siswanya. Sejalan dengan perkembangan zaman, kurikulum pun juga ikut berkembang untuk memenuhi tuntutan pendidikan. Selain  itu perubahan yang terjadi merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan.
Bentuk perubahan kurikulum saat ini adalah diterapkannya kurikulum 2013 di sekolah. kurikulum yang berlaku dalam Sistem Pendidikan Indonesia. Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap yang diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum-2006 atau yang sering disebut sebagai Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang bertujuan untuk mempersiapkan manusia Indonesia agar memiliki kemampuan hidup sebagai pribadi dan warga negara yang beriman, produktif, kreatif, inovatif, dan afektif serta mampu berkontribusi pada kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban dunia.
Kurikulum 2013 memiliki tiga model pembelajaran yaitu Model Pembelajaran Berbasis Projek (Project Based Learning), Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning), Model Pembelajaran Penemuan (Discovery Learning). Model pembelajaran problem based learning merupakan salah satu jenis model pembelajaran kurikulum 2013 yang sangat membantu dalam peningkatan mutu dan kualitas sumber daya manusia.
Problem Based Learning diartikan sebagai Pembelajaran Berbasis Masalah yaitu jenis model pembelajaran yang melibatkan siswa dalam suatu kegiatan (proyek) untuk menghasilkan suatu produk. Model Pembelajaran ini lebih menekankan pada proses pembelajaran jangka panjang, siswa terlibat secara langsung dengan berbagai isu dan persoalan kehidupan sehari-hari, belajar bagaimana memahami dan menyelesaikan persoalan nyata, bersifat interdisipliner, dan melibatkan siswa sebagai pelaku utama dalam merancang, melaksanakan dan melaporkan hasil kegiatan (student centered).
Karakteristik yang tercakup dalam Project Based Learning (PJBL) antara lain:
1. Penyelesaian tugas dilakukan secara mandiri dimulai dari tahap perencanaan, penyusunan, hingga pemaparan produk;
2.Peserta didik bertanggung jawab penuh terhadap proyek yang akan dihasilkan;
3.Proyek melibatkan peran teman sebaya, guru, orang tua, bahkan masyarakat;
4.Melatih kemampuan berpikir kreatif; dan
5.Situasi kelas sangat toleran dengan kekurangan dan perkembangan gagasan.
Langkah-langkah pembelajaran Project Based Learning (PJBL)