Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Â Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
"Meningkatkan Kemampuan Memahami Konsep Bilangan dengan Biji Jagung"
Kondisi yang melatar belakangi :Â
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah belum berkembangnya kemampuan memahami konsep bilangan di kelas B1, hal ini dapat dilihat setelah guru melakukan observasi yaitu ditemukan beberapa gejala yang muncul diantaranya adalah:
- anak belum berkembang dalam mengurutkan bilangan dari terkecil sampai terbesar atau sebaliknya
- anak belum memahami konsep bilangan lebih banyak dan lebih sedikt
- anak belum mampu mengelompokkan beberapa bilangan
- Media pembelajaran yang digunakan guru kurang variatif, guru cenderung menggunakan LK pada saat pembelajaran.
- Metode pembelajaran yang kurang variatif
Beberapa hal tersebut membuat saya untuk melakukan kegiatan belajar dan bermain yang dapat meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan yaitu dengan menggunakan biji jagung dan menerapkan model pembelajaran PBL dan PJBL didalamnya.
Mengapa praktik ini penting dibagikan :Â
Praktik ipembelajaran ini perlu dibagikan karena dalam praktik ini terdapat beberapa upaya yang mendukung untuk mengatasi permasalahan anak khusunya dalam meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan pada anak usia 5-6 tahun.
Peran dan tanggung jawab saya :
Dalam praktik ini peran saya adalah sebagai pendidik menyusun serangkaian kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan memahami konsep bilangan pada anak. Serangkaian kegiatan ini dilakukan berdasarkan beberapa kajian literatur dan hasil wawancara dengan teman sejawat, orang tua, kepala sekolah dan pakar yang telah disusun dalam sebuah perangkat pembelajaran.