ASEAN Online Sale Day (AOSD) merupakan acara belanja online yang dilakukan secara kolektif dalam skala regional dan diadakan pertama kali pada Agustus 2020. Komite Koordinasi ASEAN untuk E-commerce (ACCEC) menjadi koordinator untuk AOSD.  E-commerce ini melibatkan bisnis dan platform e-commerce yang menawarkan diskon dan promosi menarik.Â
AOSD merupakan peluang bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) nasional untuk memasarkan produk dengan jangkauan yang lebih luas. Â Dengan demikian, akses pemasaran yang saat ini menjadi kendala pengembangan UMKM dapat disingkirkan. Perluasan ekspor produk UMKM ternyata dapat dilakukan melalui ASEAN Online Sale Day (AOSD) seperti terjadi pada 2020 lalu. Peluang lain juga tersedia asal UMKM mampu memanfaatkan teknologi digital guna memasarkan produk hingga ke manca negara.Â
Pemerintah mendorong UMKM go digital , dan target tahun 2030 mampu menembus 30 juta unit usaha telah go digital. Dengan diselenggarakannya AOSD tahunan ini diharapkan mampu mencapai target tersebut. Tanggal 8-10 Agustus 2021 yang akan datang merupakan pelaksanaan AOSD kedua. Bagi para pengusaha dapat berpartisipasi dengan mendaftarkan usahanya sebelum tanggal 23 Juli 2021. Â jangan lewatkan kesempatan emas ini.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H