Mohon tunggu...
Laksmi Dewi Dasi
Laksmi Dewi Dasi Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

hi

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Sahabat Mahasiswa: Inovasi Bisnis Pisang Coklat di Lingkungan Kampus

19 Desember 2023   10:27 Diperbarui: 19 Desember 2023   10:31 148
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Camilan merupakan makanan kecil yang biasa disantap sambil bersantai atau untuk menemani saat melakukan suatu kegiatan. Setiap orang pastinya sangat menyukai camilan karena praktis serta bisa disantap kapan pun dan dimana pun. Ada berbagai jenis varian camilan yang ada seperti asin, gurih, manis, pedas, ataupun kombinasi dari keempatnya. Salah satu camilan yang sangat terkenal di kehidupan masyarakat adalah pisang coklat. Camilan pisang coklat adalah camilan yang tergolong relatif sehat. Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pisang merupakan buah yang kaya akan vitamin A dan karbohidrat, selain itu pisang juga mengandung kalium dan magnesium yang bermanfaat untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Pisang juga sering disebut sebagai "mood food" atau makanan yang dapat mendorong pembentukan hormon serotonin di dalam otak, adanya hormon ini akan menyebabkan timbulnya rasa senang dan bahagia bagi diri manusia. Sama seperti pisang, coklat memiliki banyak manfaat bagi tubuh seperti bermanfaat untuk jantung, menghambat penuaan, dan meningkatkan daya pikir. Coklat juga terkenal sebagai "mood food" sama seperti pisang karena mampu mengembalikan suasana hati (mood) penikmatnya. Kombinasi pisang dan coklat menjadi camilan merupakan salah satu ide bisnis yang menggiurkan, terlebih lagi secara peluang pasar camilan ini memiliki potensi untuk dapat berkembang pesat karena sangat diminati oleh masyarakat. Salah satu inovasi yang bisa dilakukan untuk bisa mencapai pasar yang lebih ramai lagi adalah membuka bisnis ini di sekitar lingkungan kampus. Pemilihan lingkungan kampus sebagai tempat usaha karena lokasi ini sangat strategis dan sering dilalui oleh mahasiswa. Mahasiswa adalah target pasar yang paling tepat untuk mengembangkan usaha ini karena mahasiswa terkenal memiliki jadwal yang sangat padat dari kuliah, tugas, ataupun organisasi kemahasiswaan sehingga kehadiran pisang coklat dapat menjadi sahabat yang siap mendampingi mereka di setiap kegiatan. Usaha pisang coklat di sekitar kampus sangat cocok untuk menemani mahasiswa, selain dapat mengenyangkan juga dapat menyegarkan suasana hati mahasiswa setelah menempuh perkuliahan. Namun, dalam pengembangan usaha pisang coklat ini dibutuhkan strategi dan inovasi lainnya untuk dapat tetap bertahan di tengah persaingan pasar. Adapun inovasi yang bisa dilakukan yaitu memberikan variasi toping dan rasa pisang coklat seperti dikombinasikan dengan rasa keju, matcha, tiramisu, taro, ataupun dengan rasa kekinian lainnya. Inovasi selanjutnya adalah dengan memberi promo setiap akhir minggu atau akhir bulan dan membentuk pelayanan yang ramah kepada konsumen sehingga dapat tercipta repeat order dan loyalitas konsumen.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun