Ciamis - 23/03/2022 Mendapatkan pekerjaan impian bukan perkara yang mudah untuk dilakukan. Meski era digital dan teknologi berkembang pesat, namun tingkat persaingan dalam dunia kerja juga cukup ketat. Oleh karena itu, sebelum memasuki dunia kerja ada banyak hal yang harus disiapkan para mahasiswa yang ingin bekerja setelah lulus nanti.Bagaimana si caranya agar sukses dalam dunia kerja itu
1.Menerima status sebagai pemula.Para pelajar atau mahasiswa yang baru lulus kuliah kerap tak sabar begitu mendapatkan pekerjaan yang berat. Disarankan, jangan menolak untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang berat ketika baru masuk kerja.Sebab, tidak akan ada yang langsung percaya untuk memberikan Anda pekerjaan yang memiliki tanggung jawab besar. Ini merupakan ujian yang harus dilewati. Anda baru dapat memamerkan bakat setelah membuktikan kemampuan Anda untuk memberikan kontribusi positif untuk perusahaan.
2. Menjaga hubungan dengan bos Anda.Membangun hubungan kerja yang kuat dan produktif dengannya adalah satu-satunya cara paling efektif untuk mempercepat kesuksesan Anda di perusahaan mana pun.
3. Tunjukan sikap positif.Sikap adalah segalanya. Muncul di tempat kerja setiap hari dengan menunjukan sikap positif merupakan salah satu hal terbesar yang dapat dilakukan untuk memulai karier dengan benar.Kebanyakan orang lebih suka bekerja dengan seseorang yang ceria, suportif, antusias, dan siap belajar. Tidak ada yang akan menggagalkan karier Anda lebih cepat daripada dicap sebagai seorang pengeluh.
4.Mau belajar.Luangkan waktu untuk mempelajari proyek dan prosesnya. Bertanya tetapi juga tunjukkan inisiatif melalui riset Anda sendiri.Jangan lupa, akui, perbaiki, dan ambil perlajaran dari kesalahan yang Anda buat.
5. Membangun etos kerja.Konsisten dalam pekerjaan dan perilaku Anda. Karyawan tepercaya yang berkomitmen terhadap kualitas pekerjaanya adalah karyawan yang pantas dipelihara dan dipromosikan.
6. Menghormati budaya perusahaan.budaya adalah cara kita melakukan sesuatu di perusahaan tersebut. Beberapa perusahaan memiliki budaya yang baik, dan beberapa ada juga yang tidak baik.Anda tidak dapat mengubah budaya sebuah perusahaan seorang diri. Perubahan budaya organisasi membutuhkan waktu lama dan harus datang dari atasan.
7. Kelola karir Anda.Tak seorang pun yang lebih peduli karir Anda, dari pada diri sendiri. Anda harus jadi pemimpin bagi karir diri sendiri. Perjalanan karir Anda merupakan tanggung jawab Anda
8. Membangun jaringan.Bagian dari kesuksesan dalam karir bukanlah apa yang Anda ketahui atau siapa yang Anda kenal, tetapi siapa yang mengenal Anda. mulai membangun jaringan profesional.