Mohon tunggu...
Nilam Sari Halimah
Nilam Sari Halimah Mohon Tunggu... -

I'am one of Indonesia's people | Now is studying on broadcasting enginering | Enjoy read!!!

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Who is Nathan Hartono? (Part I)

22 Maret 2015   16:28 Diperbarui: 4 April 2017   18:15 2570
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tulisan kali ini mengenai seseorang yang ada dalam judul ini. Yap! Nathan Hartono! Anybody know him? Tau dia ini siapa? Atau pernah dengar namanya dan ga asing lagi? Gue mau menjelaskan pria yang satu ini, yang bikin gue selalu ga tenang… (sereemmm bangeett doonngg). Ga tenang disini bukan karena dia suka ganggu gue, eehhh tapi iya deh, dia ganggu gue banget. Ganggu pikiran dan hati gue (cciiieee eellaaahh… ^_^) lupakan itu yaaa, ga penting! hahaha… Nathan Hartono, namanya Indonesia banget kan yaahh? Tapi aslinya, WOW BEGETE! Chinese dan speak English! Iya, ngomongnya pake Bahasa Inggris. Okee, udah mulai penasaran kan? Gue jelasin dari awal yaa..

(Nathan Hartono at Java Jazz Festival March 08, 2015)

Dan itu foto penampakannya dia! Ganteng ga? Kata gue sih banget!. Okay, Nathan Hartono is singer from Singapore. But, his parents from Indonesia.. Nathan was born and grow up in Singapore, sooo he can’t speak Bahasa very well ^_^ Nathan Hartono mulai berkarir di dunia musik ketika umur 14 tahun. Dia mulai mengikuti ajang menyanyi kecil-kecilan di negaranya. Sebenarnya, dalam silsilah keluarganya ga ada yang berasal dari dunia menyanyi. Hanya baru Nathan saja yang memulai didunia musik. Dan karena itulah orang tuanya kaget kalau anak kedua dari tiga bersaudara ini ternyata bisa menyanyi bahkan memainkan beberapa alat musik. Singkat cerita, orang tuanya mendukung sangat dengan karirnya dia sekarang ini. Sehingga, setelah ikut ajang-ajang menyanyi ada produser musik sana yang tertarik dengan suara dia. Dan akhirnya, Nathan merilis album jazz pertamanya yang berhasil menduduki lagu teratas selama 2 minggu di negaranya… Intinya sih, Nathan bisa nyanyi dan main alat music dengan otodidak. Tanpa guru, hanya mengandalkan youtube, dan beberapa media lainnya. Keren kan?

Nathan Hartono anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya bernama Thomas Hartono dan Ibunya bernama Jocelyn Tjioe. Kakaknya bernama Norman Hartono (mukanya mirip banget sama Nathan plek..plek..plekan deh J) dan adiknya bernama Nydia Hartono. Oh iya, keluarga ini juga punya peliharaan yang setia banget. Namanya Nicky.. Anjing, gue lupa jenis anjingnya apa hahaha. Sekedar info aja, Nathan walaupun tinggal di Singapura, tapi dia dididik dengan ajaran Indonesia. Ibunya sering banget ngomong pake Bahasa Indonesia kalo di rumah, ngakunya sih, Nathan ngerti, tapi kadang sulit untuk menjawab juga dengan Bahasa Indonesia, lucu yaa :D

Kalo di tanya, sekarang dia dimana? Singapore atau Indonesia? Kok gue bisa tau dia? Hahaha, ada alat yang bernama TV! Ini cerita gue ya, pertama kali gue liat si handsome ini pas tahun 2012, tepatnya tanggal 29 Juli 2012 (gila gue masih apal tanggalnya!), hari minggu itu. Itu ketika gue baru bangun di pagi hari, dan langsung nyari remote tv, terbuka lah channel RCTI dan acara dahsyat. Si hostnya pas waktu itu langsung manggil “Nathan Hartono..!!!”. And, I was thinking, he looked like Korean guy! But, unfortunately, hostnya ngasih tau kalo dia asalnya dari Singapore! Dan ketika dia nyanyi, I felt like got love at first sight! LOL.. But, that’s the reality.. Suaranya ya ampuunn, meleleh gue! after that, at that time, I said “I wanna being your fans!”. Ternyata juga, itu pertama kali dia debut dengan membawakan lagu recycle dari Memes “Terlanjur Sayang”, daannn hell yeah! Gue terlanjur sayang sama suaranya Nathan ini :* and then, mulai lah gue ngulik-ngulik nyari tentang dia ini. Waktu itu gue masih main twitter doang, alhasil gue nemu twitternya dia, gue juga inget ketika itu gue follow twitternya pas followersnya masih 6000an.. Setelah ngulik twitter, gue ga cukup puas, nyari lah di youtube, dan yeah! Dia juga suka cover-cover lagu gitu, dan semuanya itu, seriously! Perfetct at all! Coba aja cari deh di youtube J

Setelah dia merilis lagu recycle “Terlanjur Sayang” ada kabar kurang enak darinya, di bulan Agustus dia harus pergi ke Boston untuk kuliah. Nathan kuliah di Berkley University jurusan music production. Dan yeah, itu tingkat kesedihan gue meninggi L Tapi, tapi, tapi, tiba-tiba dia merilis lagu untuk soundtrack film di bulan Oktober dengan masih lagu recycle “Layu Sebelum Berkembang”. Yang kerennya, proses rekaman dan syuting video clip nya di lakukan di Boston. (WOW!!!). Hanya sajaaa, setelah itu, Nathan masih betah di U.S untuk kuliah, belum ada kabar untuk berkarir lagi di Indonesia :’(

When 2013, Nathan kembali merilis single, beda dengan sebelumnya. Ini lagu, lirik dan aransemennya totally from him. The title is “Thinking Bout Love”. Dia bikin bersama teman-temannya di U.S…

Tahun 2013 pun berganti, Nathan suka ke Indo juga tapi hanya sekedar liburan or private event. Bisa dibilang, cukup lama vakum Nathan dari industri musik Indonesia. Eh, tapi di tahun 2014, pas banget gue ulang tahun, dia menshare di Instagram nya, klo dia akan kembali ke Singapore as well as Indonesia dan akan full year. Itu membuat harapan untuk ketemu Nathan semakin tinggi J yaahh, walaupun belum tau kapan dia kembali mengeluarkan single barunya, tapi berharap boleh kan, hahaha. Waktu itu sekitar bulan Oktober tahun 2014, gue terkena accident. Bukan kecelakaan yang sebenarnya, tapi accident sama hape gue L jadi gue sementara ga bisa stalking Nathan! Dan hari itu tiba, tanggal 15 Oktober 2014, gue iseng lah minjem hape temen kan, dan ternyata..!!! Nathan in Indonesia dan lagi prepare buat Harmoni SCTV lusanya.. Itu gue langsung galau maksimal, kenapa? Gue cerita begituan sama temen, temen gue bilang, “Lam, itu senior ada yang ngajak buat nonton Harmoni juga tau, kalo mau, nanti gue bilangin”. Nah loh! Mana jumat gue juga ga ada kelas kuliah, tapi mikir lagi, itu mepet banget, tapi temen-temen bilang sayang kalo ga ikut kesana, kapan lagi. Dan setelah bertapa (lebay yah) dan berpikir matang-matang, gue jumat langsung caauuu.. ke balai sarbini..

Singkat cerita, sampai lah gue di bali sarbini kan yah, gue coba sms manajernya mba Poppy (kebetulan manajernya sempet ngasih nomornya ke gue, panjang deh ceritanya soal itu ^_^), gue bilang, mau kasih kado, ga lama kemudian mba Poppy bales “Km dimana?”, ketika gue terima itu sms, gue udah di dalam studio dan gue duduk di sebelah kanan panggung, dan gue jelasin keberadaan gue. Sayangnya, mba Poppy ga bales sms gue L. And then, acara pun mulai, ternyataaaa…. mengejutkan! Gue duduk sederetan sama Nathan Hartono, that is my first time I saw him, and he was so really handsome ^_^. Segment 1 selesai, Nathan dan artis lainnya lewat di belakang gue untuk ke backstage, gue sempet manggil, tapi karena gue malu untuk lebih kenceng lagi, gue hentikan manggil dia. Ketika itu, Nathan tampil di segment 4 alias segment terakhir, dia tampil membawakan lagu Tulus dengan Jangan Cintai Aku Apa Adanya, lalu Mencintaimu Sampai Mati dari Utopia, dan LDR dari Raisa, Nathan juga berkolaborasi sama Mama Uthe dan diva Jazz Indonesia Andien. Selesai acara, gue memberanikan diri untuk nelpon mba Poppy, dan dijawab! “Kamu dimana? Aku depan panggung deket speaker pake baju abu-abu” mba Poppy menjelaskan. “Oh iya, aku liat. bentar mba”. Ketemu lah gue dengannya, gue langsung kasih kado nya, tapi gue nyoba untuk nanya, “mba, aku ga bisa ketemu Nathan?” dengan muka melas gue. LOL. “Bisa kok, tapi kamu harus nunggu dulu ya didepan, Nathan harus ketemu orang Samsung dulu, orang SCTV dan lain-lain” dalam hati gue, baiknya ini manajer J Habis itu, nunggu lah gue di luar, ada kali setengah jam lebih, padahal di samping gue lewat banyak artis, ada Marcell, Andien, Mama Uthe, Titi Dj, Shanty, Ira Swara, Isyana Sarasvati, Zahra Damariva, Alika, dll deh ya. Tapi ga ada minat sekali pun minta foto L

After have been long time waiting Nathan, di panggil lah gue sama mba Poppy ke dalam, gila deg-degan banget gue, dari jauh asistennya megang hadiah gue, dan kayaknya Nathan habis nanya itu dari siapa. Lalu, mba Poppy ngejelasin pake bahas Inggris, yang intinya “Nathan, ini cewe yang ngasih kamu kado itu” dan apa yang terjadi setelahnya, Nathan bilang “Terima kasih” gue senyum aja, dia nanya lagi, “Namanya siapa?” dengan Bahasa nya itu bikin silent moment diantara kita, karena gue bilang “Hah?!” (namanya orang Indonesia kalo di tanya suka ga sopan emang XD) 3 detik lah kita cuma tatap-tatapan dan akhirnya dia nanya lagi “Namanya siapa?” “Oohh, Nilam” reaksi Nathan ketika itu, “Oohh yaa, Nilam. Nilam, Nilam, Nilam,…” terus berulang nyebut nama gue :D lucunya ya, semua pertanyaan ada di pikiran gue doang, mau nanya tuh susah amat. LOL! Sampe akhirnya kita foto bareng, Nathan said “Oh iya, foto dulu. Eh tapi jangan disini, banyak biru-biru” aaahhhh lucu diaaa J Nathan tuh baik luar biasa sama fansnya, he is so humble and friendly. You can trust or not to me, just saying. But, I felt it. Terus gue nanya, “when you will back to Boston?” jawaban dia, “Aku ga tau. But, I have to back to Singapore on Sunday”… rasanya mau bawa pulang dia deh...

1427016394837969010
1427016394837969010

(I’m with Nathan Hartono at Harmoni SCTV, October 17, 2015)


Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun