Mohon tunggu...
Nikolas AldoNovelio
Nikolas AldoNovelio Mohon Tunggu... Tutor - Karyawan Swasta

Lahir di Semarang anak pertama dari 3 bersaudara lulusan S1 PGSD SANATA DHARMA

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kerinduan Mengajar Anak SD

25 Januari 2024   20:05 Diperbarui: 25 Januari 2024   20:10 49
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

nikolasaldowrite.blogspot. Pendidikan adalah salah satuhal  yang sangat penting dalam kehidupan baik pendidikan formal dan pendidikan non formal. 

Dalam dunia Pendidikan tak terlepas dari cara belajar yng di perlihatkan seorang siswa  kepada gurunya, Sayangnya, itu menjadi bomerang sebagian guru tidak dapatkan kebahagian untuk bisa menghantarkan anak-anak untuk meraih cita-cita nya "Karena sebuah kesalahan akan berdampak besar bagi karya pelayanan seorang guru" Mungkin kata itu yang dapat digambarkan pada diriku untuk dapat menghantarkan anak-anak untuk meraih cita-cita banyak pengalaman yang saya dapatkan dari mengajar Anak Sekolah Dasar. Mulai dari mempersiapkan materi,rindu dengan anak-anak, rindu berdinamika bersama warga sekolah. 

Sedikit cerita, pada saat saya mengajar di salah satu sekolah swasta katolik ada yang khas dalam saya mengajar ada suatu momen dimana seluruh siswa diminta menuliskan hrapan dan cita-cita nya kelak di masa depan yang harapanya cita-cita tersebut dapat terwujud dengan motivasi belajar dari guru. 

Di sini tugas guru yang memberikan semangat dan motivasi jika anak di dalam kelas lupa akan tanggung jawab sebagai murid. Inilah keriduan yang saya alami saat murid saat beberapa tahun mengajar sebagai seorang pendidik dan tenaga kependidikan. Inilah cita-cita yang dulu pernah saya ucapkan juga sewaktu kecil, Ingin rasanya waktu dapat kuputar jika saja pada saat itu saya sungguh-sungguh menjlankan tugas saya sebagai "Guru" yang dapat membimbing dan menemani anak-anak belajar di dalam kelas yang memberi contoh yang baik keapada siswa. 

Namun apalah daya jika itu hanyalah angan-angan semata yang kini jadi penyesalan bagi diriku. Kini saatnya aku membuka lembaran baru untuk menatap masa depan sukses tidaklah hanya menjadi guru. Mungkin jalan kesuksesanku tidak menjadi seorang guru banyak karya yang bisa lakukan dengan mengolah dan mengembangkan kreatifitasku dengan belajar banyak hal yang belum bisa aku lakukan. Banyak karya banyak cara untuk bisa membuatmu "SUKSES".

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun