Mohon tunggu...
NIKMATUL SHOFIYAH
NIKMATUL SHOFIYAH Mohon Tunggu... Guru - Guru Kelas di TKS Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Golokan Sidayu Gresik

saya seorang muslim kontens yang di sukai tentang pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Pengenalan Lambang Bilangan 1-10 Melalui Kegitan Pengkuran Anak Kelompok B di TKS Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Gresik

3 Februari 2024   10:59 Diperbarui: 3 Februari 2024   11:04 64
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: Dokumentasi Guru

Meningkatkan Pengenalan Lambang Bilangan 1-10 Melalui Kegiatan Pengukuran Benda Pada Anak Kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Golokan Sidayu Gresik https://drive.google.com/file/d/1KbV-oeNnwmivoUv9EU1mlT50uEQ8EEUl/view?usp=sharing

Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan anak kelompok B dalam pengenalan lambang bilangan 1-10 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Golokan Sidayu Gresik, hal ini karena peneliti menggunakan biasanya menggunakan LKS dengan meminta anak untuk menjodohkan gambar asosiatif benda dengan angka, dari fakta tersebut peneliti mencoba menerapkan pengukuran benda untuk meningkatkan pengenalan lambang bilangan 1-10. 

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana meningkatkan pengenalan lambang bilangan 1-10 melalui pengukuran benda pada anak kelompok B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Golokan Sidayu Gresik. 

Obyek penelitian ini adalah anak kelompok B2 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Golokan Sidayu Gresik semester 1 tahun pelajaran 2021/2022 sejumlah 15 anak. Peneliti menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK) teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi pada pengembang pembelajaran dengan menggunakan pengukuran benda secara optimal meskipun harus diulang hingga siklus II. 

Berdasarkan hasil penelitian, meningkatkan pengenalan lambang bilangan 1-10 melalui kegiatan pengukuran benda anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Golokan Sidayu Gresik mengalami peningkatan. Hal ini terlihat pada rata-rata kemampuan pengenalan lambang bilangan 1-10 anak kelompok B pada siklus I memperoleh 58.67% meningkat menjadi 78.67 % pada siklus II yang berarti sudah ada peningkatan kemampuan pengenalan lambang bilangan 1-10, yaitu menyebutkan dan menuliskan lambang bilangan 1-10. Dengan demikian meningkatkan pengenalan lambang bilangan 1-10 melalui kegiatan pengukuran benda anak kelompok B di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 25 Golokan Sidayu Gresik sudah berhasil sesuai dengan harapan

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun