Dalam pembelajaran terpadu tipe shared, guru perlu mempelajari dua ilmu berdasarkan hubungan konsep, sikap, dan ketrampilan yang sama. Dengan menggunakan model pembelajaran terpadu tipe shared, waktu yang terpakai di dalam pembelajaran menjadi lebih efektif. Guru dari mata pelajaran yang berbeda dapat berkolaborasi dalam satu pembelajaran yang sama dengan menggunakan strategi pembelajaran yang telah direncanakan bersama, sehingga dapat menghemat tenaga dan pikiran karena dikerjakan secara bersama-sama membentuk tim
Dalam model shared, terdapat kerjasama antara guru-guru bidang studi agar dapat mengurutkan materi, sehingga ada kesesuaian antara konsep yang satu dengan konsep yang lainnya. Model shared ini juga dapat diterapkan di berbagai jenjang pendidikan, termasuk di sekolah dasar
Dengan menggunakan model pembelajaran terpadu tipe shared, siswa didorong untuk berani bekerja secara kelompok dan belajar dari hasil pengalamannya sendiri. Model ini juga membantu siswa dalam memahami isi dari mata pelajaran yang berhubungan dari disiplin yang berbeda
Jadi, pengertian dari shared dalam pembelajaran terpadu adalah model pembelajaran terpadu tipe shared yang mencakup pemaduan pembelajaran akibat adanya overlapping konsep atau ide pada dua materi pelajaran sehingga menjadi konsep utuh yang dapat menuntun siswa dalam membuka wawasan dan cara berpikir yang luas dan mendalam melalui pemahaman terhadap konsep secara lintas displin ilmu.
Manfaat utama konsep shared yaitu antara lain:
Memudahkan pemahaman konsep: Dengan menggabungkan dua mata pelajaran yang memiliki konsep yang saling beririsan, pembelajaran terpadu tipe shared memungkinkan siswa untuk memperoleh pemahaman yang lebih dalam terhadap konsep-konsep yang dipelajari. Hal ini dapat membantu siswa untuk mengaitkan dan menghubungkan konsep-konsep tersebut dengan lebih baik
Meningkatkan motivasi siswa: Pembelajaran terpadu tipe shared dapat membuat siswa lebih termotivasi untuk bekerja sama, baik secara mandiri maupun dalam kelompok. Model ini memungkinkan siswa untuk berpartisipasi aktif dalam mengeksplorasi topik atau kejadian, serta merencanakan, mengeksplorasi, dan berkolaborasi dalam pembelajaran
Mengembangkan keterampilan holistik: Melalui pendekatan antar mata pelajaran, pembelajaran terpadu tipe shared memadukan berbagai keterampilan, konsep, dan sikap yang saling berhubungan di dalam dua mata pelajaran. Hal ini dapat membantu siswa dalam menjelajahi topik, konsep, tema, dan objek secara menyeluruh dan holistik
Memberikan pengalaman bermakna: Pembelajaran terpadu tipe shared dapat memberikan pengalaman yang bermakna kepada peserta didik. Dalam pembelajaran terpadu, siswa dapat memperoleh pemahaman terhadap konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan menghubungkannya dengan konsep lain yang sudah mereka pahami
Meningkatkan integrasi pengetahuan: Dengan menggabungkan dua mata pelajaran, pembelajaran terpadu tipe shared dapat membantu siswa untuk melihat hubungan dan keterkaitan antara konsep-konsep dari kedua mata pelajaran tersebut. Hal ini dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang bagaimana pengetahuan saling terkait dan terintegrasi.
Dan Model Shared adalah model pembelajaran terpadu yang menggunakan pendekatan antarmata pelajaran. Model ini menggabungkan dua mata pelajaran dengan cara menetapkan prioritas kurikuler dan menentukan keterampilan, konsep, dan sikap yang saling tumpang tindih di dalam dua mata pelajaran tersebut Dalam model Shared, terdapat beberapa karakteristik yang menjadi ciri khas pembelajaran terpadu
- Memadukan dua disiplin ilmu yang memiliki konsep, sikap, dan keterampilan yang sama.
- Memiliki disiplin komplementer.