Mohon tunggu...
Nikmatus Saadah
Nikmatus Saadah Mohon Tunggu... Mahasiswi -

Belajar di masa kecil bagaikan mengukir di atas batu, sedang belajar di masa dewasa bagaikan mengukir di atas air

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Aku Ingin Menjadi Penulis

20 November 2018   07:07 Diperbarui: 20 November 2018   07:34 460
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Hallo sahabat kompasianers, pagi-pagi liburan gini apa yang kalian kerjakan? Kalau aku sih suasananya agak mendung, sunyi gini ni enaknya buat nulis. Kalau kamu? Emmm, kali ini aku mau sedikit berbagi tentang kepenulisan nih temen-temen. Kebetulan kemarin aku mengikuti seminar online yang diisi oleh Aryani Fatima Zahra sang penulis Muslimah Warrior dengan tema seminar "Aku Ingin Menjadi Penulis". Walaupun aku masih belajar menulis, boleh laah kita berbagi sedikit-sedikit. Sudah gak sabar ya, ayo simak tips-tips berikut

Sebelumnya aku mau nanya, menurut kalian menulis itu bakat apa minat sih? Sering kali kita salah menyebut bukan? Kita sering menyebut, "waaah bagus banget tulisannya, emang dia punya bakat nulis". Betul apa betul? 70% jawabannya adalah betul. Menurut Aryani menulis itu adalah minat atau kemauan, walaupun ada sedikit kandungan bakat di dalamnya. Jika kita prosentasikan menjadi 100%, maka 80% dari semuanya adalah minat dan 20% lainnya adalah bakat. Waaah berarti semua orang bisa nulis nih kalau kayak gini.

Eits tunggu dulu, kuncinya adalah minat, dan minat tentu di dalamnya ada KEMAUAN, jika kita mempunyai kemauan, langkah yang tepat adalah USAHA. Kalau kemauan aja tanpa ada usaha hasilnya zonk dong. Naaaah disini Nikma punya rumus

Menulis = Minat + Bakat

Minat = Kemauan + Usaha

Jika temen-temen sudah punya minat atau kemauan yang kuat, realisasikanlah dengan baik temen-temen, tulis semua ide kalian, lambat laun kalian akan terbiasa dengan menulis. Nah temen-temen sekarang udah suka nulis belum? Kalau belum ayo buruan nulis sebanyak-banyaknya. Nah buat kamu semua yang udah pada suka nulis tapi kadang bingung sendiri sama tulisan kalian, nih aku punya tips-tipsnya biar PD sama tulisan kita sendiri.

1. Ubah mindset

Buang jauh-jauh semua pikiran yang awalnya saya tidak bisa menulis, percaya diri bahwa semua orang bisa menulis. So, lakukan usahamu untuk menulis dengan baik.

2. Temukan way risent atau alasan mendasar dan bermimpi setinggi-tingginya

Mengapa kalian pengen jadi penulis, temukan terlebih dahulu way risent kalian. Misalnya nih, aku pengen jadi penulis Internasional untuk berbagi ilmu sekaligus bisa keliling dunia dengan tulisanku. Nah jika udah nemu, jadikan way risent kalian untuk membakar semangat kalian untuk semangat menulis di kala kalian mulai jenuh dan tidak punya semangat untuk menulis.

3. Membaca

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun