Dibuat Oleh : Nikhayani
Prodi : Akuntansi 2C, Universitas Pancasakti Tegal
Teknologi Informasi sangat penting untuk perkembangan bisnis saat ini. Kemajuan Teknologi Informasi semakin memudahkan para pelaku bisnis memperoleh informasi untuk mendukung kegiatan usahanya, salah satunya yaitu membantu meningkatkan produktivitas perusahaannya dan memberikan peluang besar untuk memperluas jangkauan pasar. Penggunaan Teknologi Informasi juga membantu perusahaan dalam meningkatkan kualitas produk dan layanan yang ditawarkan kepada pelanggan. Faktor-faktor yang mempengaruhi berkembangnya usaha bisnis adalah meningkatkannya kompleksitas bisnis yang dipengaruhi oleh pengaruh ekonomi internasional, persaingan bisnis global, perkembangan dan pertumbuhan Teknologi Informasi, dan kapasitas kecepatan akses internet.
Bisnis online atau biasa disebut e-commerce semakin banyak digunakan di Indonesia, hal ini disebabkan karena perkembangan internet. Era modern seperti sekarang ini, internet dijadikan sebagai sumber informasi yang dapat diakses seseorang untuk memperoleh informasi tertentu. Dengan memanfaatkan internet, penjual dapat mempromosikan produk mereka keseluruh dunia dengan lebih mudah dan cepat. E-commerce bukan hanya sekedar menjual dan membeli produk secara online saja, tetapi e-commerce juga melibatkan berbagai proses mulai dari pengelolaan, pemasaran, penjualan, pengiriman, pelayanan, serta pembayaran para pelanggan dengan lebih efektif dan efisien.
E-commerce adalah distribusi, pembelian, penjualan, dan pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet, website, dan jaringan internet lainnya (Sutabri:2012). Situs jual beli online di Indonesia berkembang dengan sangat cepat, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya penyedia layanan situs jual beli berbasis online seperti Shoppe, Tokopedia, Lazada dan lain sebagainya.
Berdasarkan data dari https://images.app.goo.gl/g1Jrm39m9PSKcNc78  dapat diketahui bahwa platform toko online yang paling banyak digunakan di Indonesia pada tahun 2023 yaitu Shopee sebesar 165,8 juta pengunjung. Mengutip dari sumber CNN Indonesia memaparkan hasil survey IPSOS bertajuk "Understanding the Potentiality in E-commerce Seller" bahwa Shopee menjadi toko online yang banyak digunakan pada tahun 2023, karena faktor pendukung yaitu bahwa Shopee yang paling banyak menyediakan fitur gratis ongkir (71%), menyediakan metode pembayaran COD (37%) dan keseruan live streaming dengan penjual (16%). Faktor lainnya yaitu pengguna merasa lebih mudah berbelanja berbagai macam produk baik kebutuhan sehari-hari, elektronik, fashion dan lain sebagainya. Shopee juga menjadi marketplace yang paling memberikan keuntungan terbanyak bagi bisnis para online reseller. Dari riset Populix memaparkan kategori produk yang paling banyak dibeli adalah fashion dan aksesoris (85%), kecantikan dan perawatan (54%), kebutuhan rumah tangga (33%), elektronik (25%) dan kebutuhan ibu dan bayi (16%). Hal ini membuktikan bahwa situs penjualan online lebih sering digunakan oleh para remaja. Hal ini juga yang memungkinkan platform Orami berada di urutan ke lima dengan pengunjung 21,4 juta yang paling jarang digunakan, karena Orami hanya menyediakan produk perlengkapan bayi dan ibu hamil saja.
Peranan Teknologi Informasi terhadap E-commerce
- Teknologi informasi memudahkan penyebaran informasi tentang produk yang dijual secara luas ke seluruh dunia
- Memudahkan konsumen dalam membeli produk yang diinginkan secara online, tanpa harus datang langsung ketempatnya
- Memudahkan proses transaksi pembayaran melalui internet banking atau mobile banking, pembayaran menjadi lebih mudah karena dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun
- Membantu dalam menghasilkan inovasi produk, teknologi informasi dapat membantu dalam membuat desain produk hingga menjadi lebih menarik
- Teknologi informasi menggunakan sistem kriptogafi untuk mengamankan data transaksi untuk menghindari kemungkinan pemalsuan data diri pembeli dan penyalahgunaan kewenangan akses
- Memudahkan interaksi antara perusahaan dengan pelanggan, dengan menggunakan sistem Customer Relationship Management (CRM) sistem ini biasanya digunakan untuk menyelesaikan persoalan mengenai informasi pengiriman barang yang di pesan pelanggan.
Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan
Kepuasan pelanggan pada e-commerce dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain :
- Kualitas produk : produk yang berkualitas bagus dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan akan meningkatkan kepuasan pelanggan, dengan begitu mereka akan merekomendasikan kepada orang lain agar membeli produk tersebut
- Pelayanan : memberikan pelayanan yang cepat dan ramah kepada pelanggan, seperti membalas pesan konsumen baik konsultasi mengenai produk yang akan dibeli atau komplain mengenai kerusakan barang saat sampai di tangan konsumen. Hal ini dapat meningkatkan hubungan antara produsen dan pelanggan
- Harga : harga yang sesuai dengan kualitas produk, karena setiap harga yang ditawarkan produsen pada pelanggan menjadi tolak ukur produk itu sendiri
- Emosional : kesan pertama konsumen saat membeli suatu produk, jika produk yang dibelinya berkualitas dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama maka akan memberikan rasa puas dan bangga telah membeli produk tersebut
- Biaya : mulai dari biaya pengiriman dan biaya penanganan yang terjangkau atau bisa menawarkan potongan biaya kirim, hal ini dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memungkinkan pelanggan untuk kembali berbelanja di toko online tersebut.
Berdasarkan pembahasan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi mempunyai dampak signifikan terhadap perkembangan bisnis online, teknologi informasi dapat memberikan keuntungan bagi pelaku bisnis dalam menjual produk-produk dengan menggunakan Electronic commerce dan memasarkannya dalam bentuk digital. Dan dampaknya terhadap kepuasan konsumen sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti kualitas, layanan, harga, emosional dan biaya. Dengan menerapkan ke lima faktor tersebut, maka akan membantu perusahaan mencapai kepuasan pelanggan dan membangun loyalitas pelanggan. Meningkatkan kepuasan pelanggan dapat memberikan keuntungan, salah satunya adalah membuat hubungan yang harmonis antara produsen dan pelanggan. Kepuasan pelanggan juga dapat meningkatkan loyalitas pelanggan, sehingga mereka akan melakukan pembelian ulang dan merekomendasikan kepada orang lain. Dengan menciptakan kepuasan dan loyalitas pelanggan, perusahaan dapat meningkatkan reputasi yang kuat dan membangun kepercayaan dengan pelanggan.