Setelah 2 minggu mempelajari Modul 1.1 tentang Pemikiran Ki Hajar Dewantara, saya mulai melaksanakan aksi nyata. Saya merasakan semangat untuk melakukan perubahan di kelas. Sehingga sayapun memutuskan dengan mantap melakukan aksi nyata di pembelajaran saya secara langsung. Apa yang saya lakukan ?Â
Saya mengaplikasikan pemikiran bahwa kodrat anak adalah belajar dalam suasana yang menyenangkan. Selain itu saya juga menerapkan konsep bahwa tugas guru adalah menuntun anak memenuhi kodrat zaman, yaitu berkembang sesuai perkembangan teknologi, berkarakter mulia dan memiliki ketrampilan yang cukup untuk bermasyarakat.Â
Aksi nyata ini saya terapkan pada kelas 9 untuk materi PROCEDURE TEXT. Saya meminta siswa secara berkelompok melakukan presentasi pembuatan makanan / minuman yang mereka sukai. Saya meminta siswa mendokumentasikan kegiatan tersebut secara mandiri dan maksimal serta mendorong mereka belajar menggunakan teknologi terbaru.Â
Saya membebaskan mereka menggunakan aplikasi editing video sesuai keinginan mereka. Setelah dirasa hasilnya maksimal, saya meminta mereka mengirimkan hasil video dokumentasi tersebut kepada saya melalui pesan whatsapp, share google drive, unggahan youtube, dan media sosial lain sesuai keinginan mereka. Sebelum proses pengerjaan tugas dimulai, tak lupa saya memberikan contoh pada mereka dan membuat kesepakatan terkait tugas tersebut. Saya selalu ingatkan mereka bahwa mereka dapat berkonsultasi tentang apapun kepada saya. Sayapun senantiasa menegaskan agar mereka menjaga kolaborasi yang baik antar anggota kelompok.Â
Video proses pelaksanaan aksi nyata tersebut ada pada linkÂ
Setelah saya melihat video jadinya, saya merasa terkesan dan bangga. Dengan berbagai keterbatasan mereka, video yang dihasilkan sungguh layak untuk ditonton. Beberapa contoh hasil videonyaÂ
Setelah melakukan aksi nyata tersebut, berikut catatan refleksi saya.Â
PERASAANÂ
Selama saya menerapkan perubahan di kelas melalui aksi nyata ini, saya merasa sangat senang dan puas. Awalnya saya was was siswa akan terbebani dengan tugas ini, namun nyatanya mereka terlihat antusias.Â
GAGASAN YANG TIMBUL
Gagasan / ide yang muncul adalah, saya akan lebih sering menerapkan tugas sejenis di kelas lain pada topik yang berbeda. Saya juga akan membagikan praktik baik ini pada rekan satu sekolah atau lain sekolah di forum MGMP.
PEMBELAJARAN YANG MUNCUL