Mohon tunggu...
Nika Pristiya
Nika Pristiya Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Palangkaraya

Membaca

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pasar Monopolistik dan Oligopoli

2 Desember 2022   20:33 Diperbarui: 2 Desember 2022   20:35 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian pasar secara sederhana artinya proses atau daerah terjadianya jual beli yang dimana terdiri berasal produsen, konsumen, serta distributor. Dimana pasar ada transaksi jual beli umumnya pasar tidak hanya meneyediakan barang saja tetapi bisa jua menggunakan jasa. aktivitas jual beli wajib menggunakan kesepakatan beserta, didalam transaksi jual beli bak penjual ataupun pembeli memiliki keinginannya masing masing, pembeli menginginkan harga yang serendah-rendahya tetapi memiliki kualitas yg sangat baik sedangkan penjual mengingkan keuntungan yang dengan tinggi tingginya atas barang atau jasa yg dijualnya. 

-Pasar Monopolistik

Pasar Monopoli ialah struktur pasar di mana perusahaan tunggal mengendalikan semua pasar. pada skenario ini, perusahaan memiliki taraf kekuatan pasar tertinggi karena konsumen tidak mempunyai cara lain. Akibatnya, monopoli tak jarang mengurangi hasil buat meningkatkan harga serta mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Untuk lebih jelasnya Pasar monopolistik itu sendiri artinya pasar menggunakan banyak pembuat yg membentuk komoditas yg sama namun tidak selaras karakteristiknya.Pasar monopolistik umumnya terjadi pada semua pasar baik tradisional jua terbaru. Struktur pasar ini artinya bentuk pasar secara konkret, menggunakan dari jenis pasar monopoli dan pasar persaingan sempurna. Pasar monopolistik, di antaranya:

1).Terdiri dari beberapa penjual

Pasar ini mempunyai banyak penjual yang bersaing seperti pasar persaingan tepat. Para penjual rata-rata memiliki ukuran perusahaan yg sama serta tidak satu pun di antara mereka memiliki perusahaan akbar .

2).Barang yang dijual tidak selaras corak ragam

Sistem ekonomi mendorong para pelaku perjuangan buat menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan rakyat.Secara teoritis sistem ekonomi menghasilkan pasar persaingan tepat. di mana terdapat banyak pembeli serta penjual buat suatu barang yang rata.tetapi, di prakteknya bentuk persaingan yg mampu ditemui pada beragam industri ialah oligopoli.

karakteristik pasar persaingan monopolistik ini pada antaranya artinya:

  • semua perusahaan memaksimalkan keuntungan.
  • Bebas masuk serta keluar.
  • Perusahaan menjual produk yg tidak sinkron.
  • Konsumen bisa lebih memilih satu produk daripada yang lain.

-Kelebihan Pasar Monopolistik

1).membentuk Barang tidak sama Corak

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun