Mohon tunggu...
niita merliana
niita merliana Mohon Tunggu... Mahasiswa - Bismillah

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Bagaimana Membangun Team yang Efektif

7 Agustus 2021   12:42 Diperbarui: 7 Agustus 2021   12:48 57
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Team adalah suatu upaya yang dibuat secara sadar untuk mengembangkan kerja kelompok dalam suatu organisasi. Ahli-ahli ilmu sosial menyebut kelompok adalah suatu kumpulan orang yang terdiri dari dua atau lebih yang berinteraksi dengan stabil dan diantara mereka mempunyai tujuan yang sama serta menganggap kelompok itu sebagai kegiatan/aktifitas yang mungkin lebih efisien bila dikerjakan oleh perseoranangan.

Mengapa membangun kerja sama yang Efektif itu penting? Karna di dalam bekerja di suatu instansi atau perusahaan tentunya memerlukan sinergi setiap tim antar departemen untuk mencapai target secara keseluruhan. Hal ini bisa terjadi dengan membangun kerja sama. Disamping itu, pada tingkatan individual, kerja sama penting sebagai wadah yang berguna untuk memperdalam keahlian interpersonal dan intrapersonal, atau bagaimana mengenal atau berinteraksi dengan sesama kolega atau dengan atasan

Team berkaitan setidaknya tiga atribut: 

1. Banyak orang 

2. Pekerjaan yang saling bergantung, 

3. Tujuan Bersama 

Oleh karna itu pekerjaan untuk tim memiliki banyak fungsi yang sama seperti yang dilakukan untuk pekerjaan yaitu, memilih orang untuk tim, melatih tim, memberi kompensasi kepada tim dan anggota tim, dan merangcang pekerjaan untuk tim. 

Sejumlah kompetensi utama yang dibutuhkan untuk membentuk tim yang efektif, agar berfungsi dengan baik sebagai sebuah tim, anggota tim harus bersama-sama menampilkan masing-masing dari lima komponen antara lain :

  • Penetapan sasaran dan manajen kinerja 
  • Perencanaan dan koordinasi 
  • Pemecahan masalah kolaborasi 
  • Komunikasi 
  • Resolusi Konflik

Pemimpin bisa lebih efektif ketika mereka memahami tiga alasan utama tim menghadirkan dilema bagi orang-orang antara lain :

1. Ketika orang menjdi bagian dari tim tersebut maka mereka bergantung pada kesuksesan tim. Oleh karna itu, mereka bergantung pada seberapa baik kinerja orang lain, bukan hanya pada inisiatif dan tindakan individu mereka sendiri.

2. Tim terkadang terdiri dari orang-orang yang memiliki etos kerja berbeda.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun