Mohon tunggu...
Nicke Afra
Nicke Afra Mohon Tunggu... Guru - Seorang Pendidik

Menulis adalah cara saya menyampaikan pendapat dan membaca cara saya menerima pendapat dan pengalaman orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional

13 Juni 2023   23:30 Diperbarui: 13 Juni 2023   23:35 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Salam dan Bahagia 

Halo Bapak dan Ibu Guru Hebat, pada kesempatan ini saya ingin berbagi pengalaman melalui Jurnal Refleksi terhadap materi 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional.

Sebelumnya  perkenalkan Nama Saya, Nicke Afra. Saya adalah seorang  Guru yang mengajar  Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.  Saya bertugas  di SMPN  3 Satap Pinoh Utara lebih tepatnya di Kecamatan Pinoh Utara Kabupaten Melawi Provinsi Kalimantan Barat.  Saya bertugas di daerah khusus ( terpencil ). Tidak terasa saat ini saya sudah memasuki pembelajaran Modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional.   

Pembelajaran  Sosial Emosional  adalah sebagai   guru kita mampu  menciptakan likungan belajar yang  dapat menumbuhkan  kompetensi  sosial dan emosional.   Guru mampu memberikan  suasana belajar  yanh nyaman dan menyenangkan untuk  meningkatkan keterampilan murid  dalam bersosialisasi dengan sesama murid di kelas.

Pembelajaran Sosial dan Emosional berdasarkan kerangka kerja CASEL (Collaborative for Academic, Social and Emotional Learning) yang bertujuan untuk mengembangkan 5 (lima) Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) yaitu: kesadaran diri, manajemen diri, kesadaran sosial, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun