Mohon tunggu...
Nicke Afra
Nicke Afra Mohon Tunggu... Guru - Seorang Pendidik

Menulis adalah cara saya menyampaikan pendapat dan membaca cara saya menerima pendapat dan pengalaman orang lain.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Aksi Nyata 1.4 Membangun Budaya Positif di Sekolah

17 Februari 2023   06:36 Diperbarui: 18 Februari 2023   16:00 972
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Dokumentasi milik  pribadi 

Membangun Budaya Positif 

Membangun Budaya Positif di Sekolah membutuhkan kerja sama yang baik bagi seluruh warga sekolah, baik dari Kepala Sekolah,  Guru-guru,  murid-murid dan dukungan orang tua murid. Membentuk karakter murid membutuhkan proses yang panjang dan komitmen bersama seluruh warga sekolah.  

Sebagai pendidik saya menyadari yang paling dibutuhkan oleh anak didik saat ini adalah pendidik karakter.  Hal tersebut yang menjadi latar belakang saya untuk melakukan aksi nyata di sekolah yaitu membangun Budaya Positif di sekolah.  

Aksi nyata membangun Budaya Positif di Sekolah sangat membutuhkan kaloborasi antar sesama guru serta dukungan dari kepala sekolah untuk melakukan perubahan di sekolah.  Adapun langkah pertama yang saya lakukan adalah merencanakan  aksi nyata saya terlebih dahulu. 

Langkah selanjutnya  saya menyampaikan maksud dan tujuan  kepada kepala  sekolah  tentang aksi nyata yang akan saya lakukan. Selanjutnya  mejalankan aksi nyata saya  yaitu berbagi pratik baik  tentang materi  budaya Positif bersama kepala sekolah dan rekan guru sejawat untuk berdiskusi bersama dalam sesi berbagi. 

Dokumentasi milik  pribadi 
Dokumentasi milik  pribadi 

Berdiskusi bersama dengan kepala Sekolah dan Guru-guru menghasilkan banyak ide-ide yang membawa perubahan baru serta program sekolah yang dapat membangun Budaya Positif yang bisa berdampak positif bagi peserta didik.  Adapun program-program tersebut meliputi  :

1. Meningkatkan budaya Literasi dengan mengajak murid terlibat membuat MADING  ( Majalah Dinding) dan Pojok  Membaca di kelas. 

2. Meningkatkan kepedulian murid-murid terhadap lingkungan sekolah yaitu dengan piket kelas dan kerja Bakti serta hambauan tidak membuang sampah sembarangan. 

3. Kegiatan rohani yang menumbuhkan karakter yang religius,  beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun