Mohon tunggu...
Nicho Kosip
Nicho Kosip Mohon Tunggu... Penulis - Nulis kalo mood-nya ngumpul :)

Lulusan Ilmu Komunikasi angkatan 2018 Universitas Atma Jaya Yogyakarta.

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Mahakarya Tuhan Lewat Indahnya Gunung Merbabu

16 Desember 2022   12:47 Diperbarui: 16 Desember 2022   13:21 931
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kali ini saya ingin mencoba menulis dan mengulas kembali salah satu cerita paling berkesan yang saya alami tahun 2022. 

Memang cerita ini terjadi saat Maret 2022 lalu, namun rasanya sangat disayangkan apabila semua itu hanya tertanam di benak saja dan tidak tertuang menjadi memori berupa tulisan. Oleh sebab itu, di penghujung 2022 ini saya ingin mencoba membagikan apa yang saya lihat dan alami saat itu.

Ya, sesuai dengan judul yang sudah terpampang di atas, saya akan menceritakan mengenai salah satu Mahakarya Tuhan lewat indahnya Gunung Merbabu.

Sebenarnya bisa dibilang bahwa saya bukanlah pecinta gunung yang begitu “bucin” kalo kata anak zaman sekarang. Bahkan seumur hidup saya, ini barulah pendakian kedua saya setelah sebelumnya menaklukan puncak Prau pada Desember 2019.

Memang pandemi Covid-19 cukup menjadi momok dan banyak merenggut waktu berharga saya untuk menjajaki indahnya karya Tuhan lewat bentangan permadani di atas awan. Hingga dikala PPKM sudah sedikit dilonggarkan, akhirnya titik gairah saya untuk mendaki gunung sudah tak tertahankan lagi.

Maret 2022 menjadi pendakian kedua yang menurut saya inilah pendakian yang sesungguhnya. Jika boleh membandingkan, semua proses dan rintangan kali ini berkali-kali lipat lebih menantang daripada puncak Prau yang sudah saya kunjungi sebelumnya.

Awal perjalanan....
Dimulai dari kami yang sebelumnya menginap di salah satu rumah teman kami di Magelang. Sekitar pukul 07.00 pagi, kemudian kami sarapan sejenak sebelum akhirnya melanjutkan perjalanan menuju basecamp Suwanting.

foto : tngunungmerbabu.org/jalur-swanting/
foto : tngunungmerbabu.org/jalur-swanting/

Suwanting merupakan salah satu jalur pendakian di Gunung Merbabu yang memiliki pesona sabana yang cantik dan luas. Tak ada alasan khusus selain memang belum pernah mencobanya, dan karena indahnya pemandangan di sana. Walaupun sebenarnya jalur pendakian lain juga mesti tak kalah bagusnya.

Kurang lebih pukul 08.30 kami sudah tiba di basecamp Suwanting dan bersiap untuk melanjutkan pendakian. Namun siapa sangka, perjalanan dari basecamp Suwanting sudah menjadi tantangan tersendiri bagi saya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun