Mohon tunggu...
Siti Kurniati
Siti Kurniati Mohon Tunggu... Guru - Pembelajar

menulis, merupakan generasi qurani

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pelatihan Guru Penggerak 2024: Lembar Kerja Modul 2.6: Pengelolaan Program yang Berdampak Positif pada Murid

8 September 2024   22:40 Diperbarui: 15 September 2024   17:06 2600
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
dok sman 1 padalarang


Tujuan Pembelajaran Khusus:
1.Guru dapat membuat program yang memfasilitasi kepemimpinan murid berdasarkan tahapan model prakarsa perubahan dengan alur BAGJA.

2.Guru dapat mengimplementasikan program yang memfasilitasi kepemimpinan murid berdasarkan alur BAGJA pada mata pelajaran yang diampu.

3.Guru mendokumentasikan pelaksanaan tahapan yang telah dijalankan tersebut.
4.Guru mengupload tugas aksi nyatanya

Pada tahapan ini, Bapak/Ibu Guru:
Sekarang saatnya Anda mengimplementasikan pemahaman Anda terkait program yang memfasilitasi kepemimpinan murid (student agency) dengan mempertimbangkan suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership). Dengan langkah sebagai berikut:

1.Buatlah program yang memfasilitasi kepemimpinan murid berdasarkan tahapan model prakarsa perubahan dengan alur BAGJA (Buka kembali modul 1 dan tahapan BAGJA di modul 1. Lampiran Tahapan BAGJA).

2.Lakukan aksi nyata di kelas berdasarkan program yang Anda buat dengan mempertimbangkan suara (voice), pilihan (choice), dan kepemilikan (ownership).

3.Dokumentasikanlah setiap tahapan yang dilaksanakan.

4.Buatlah dokumentasi sederhana berupa Vlog/ Foto/ Audio/ Tulisan sederhana/ PPT yang menunjukan aksi nyata Anda.
Nama Program: SPASI, SMAN 1 Padalarang ber-Literasi

Tahapan BAGJA: 
1. B (Buat Pertanyaan)
  - Apa yang menjadi kendala literasi sekolah        kurang diminati siswa?
 - Apa yang harus dilakukan siswa untuk meningkatkan literasi?
 - Mengapa kemampuan literasi dianggap penting dan harus dimiliki oleh siswa?

2. A (Ambil Pelajaran)
    a. Refleksi Pengalaman Sebelumnya
        - Mengidentifikasi kegiatan literasi sekolah  sebelumnya berjalan dengan lancar atau ada kendala.
       - Mengumpulkan umpan balik dari siswa tentang pengalaman mereka mengikuti kegiatan literasi sekolah.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun