Raport dalam kehidupan semua manusia pasti ada, namun sadar atau tidak sadar tinggal tergantung pada diri sendiri. Hasil catatan selama proses dalam jangka waktu yang sudah ditentukan oleh siswa, orang tua, guru dan sekolah di semester ganjil tahun 2023.
Kita lihat zaman semakin maju semakin menuju kemajuan di seluruh aspek dalam kehidupan dengan tulisan nilai raport pada tahun 70-an menggunakan tinta hitam dan tinta merah.
Akan tetapi hasil raport evaluasi ini bisa dijadikan barometer untuk melihat apa yang sudah dicapai atau tidak Dan bagaimana dari hasil ini memuaskan atau tidak.
Tentu dalam raport membuat hati senang setelah peserta didik  menerima rapor.
Bahkan siswa yang raportnya atau nilai bagus diberi hadiah baik oleh guru maupun oleh orang tua.
Raport bisa berperan baik atau bagus untuk peserta didik dalam evaluasi raport. Ada 4 hal yang berperan untuk raport yang dikatakan baik atau bagus yaituÂ
1. Peserta didik jika ingin raport baik atau bagus tentu ada peran dalam kesemuanya antara siswa, orang tua guru dan sekolah jika raportnya bagus dan baik tentu peserta didik atau peserta didik yang lain akan bersekolah semangat dan bisa mengikuti Dalam proses pembelajaran.
2. Orang tua di sini berperan aktif harus betul-betul memperhatikan apa yang harus dilakukan oleh anaknya atau peserta didik untuk sekolah titik contohnya semua akan diberikan baik memberikan semangat atau motivasi dan biaya yang dibutuhkan oleh siswa atau anaknya itu sendiri dalam bersekolah
3. Peran guru yang paling utama di dalam tugasnya untuk mencerdaskan peserta didik atau anak bangsa siap segalanya dalam proses belajar dan mengajar yang harus diberikan kepada peserta didik dalam proses pembelajaran. Apabila guru memberikan dalam proses pembelajaran tidak mempunyai kompetensi yang sesuai dengan kehidupan atau tuntunan dari kurikulum atau lainnya maka jangan harap peserta didik bisa belajar dengan baik.
4. Peranan sekolah paling dominan karena semua sarana dan prasarana demi mencerdaskan anak bangsa harus sesuai siap sedia untuk peserta didik untuk guru selalu siap menyediakan apa yang diperlukan atau yang digunakan oleh peserta didik dan guru dalam proses belajar mengajar.