Artikel ini disusun sebagai bahan referensi dan motivasi siswa secara umum, dalam mengembangkan ketrampilan dan pengenalan matematika lewat budaya (etnomatematika). Lebih khusus ditujukan bagi siswa SMP Terbuka yang memiliki keterbatasan waktu belajar di sekolah formal. Dengan memperoleh ketrampilan tenun ikat yang merupakan salah satu potensi daerah yang memiliki motif dan corak yang unik, siswa dapat mengembangkan potensi yang diperoleh secara mandiri di lingkungan keluarga dan masyarakat.Â
Pada kegiatan ini siswa diajarkan bagaiman menghitung biaya serta estimasi nilai produk agak memperoleh keuntungan. Motif dan corak yang ada pada kain tenunan kabupaten Sabu Raijua juga menjadi sumber belajar siswa terkait materi bangun datar seperti bagaimana membuat motif dengan bentuk segi tiga, persegi, belah ketupat, layang-layang yang sering menjadi kombinasi pada motif tenun tersebut. Â Selain tujuan tersebut, kemampuan siswa menghasilkan produk tenun ikat yang dapat dipasarkan untuk menunjang perekonomian.Â
Pendahuluan
Kegiatan ini dilakukan dengan mempersiapkan data dan bahan serta ikut melaksanakan kegiatan secara langsung di TKB Bersama siswa SMP Terbuka. Melalui ketrampilan tenun ikat siswa memperoleh ketrampilan dan memperkenalkan matematika melalui tenun ikat. Penuntasan wajib belajar Pendidikan dasar 9 tahun yang bermutu seperti diamanatkan Undang-undang nomor 20 tahun 2003, memerlukan langkah-langkah konkret untuk menjangkau anak-anak dari masyarakat lapisan bawah yang kurang beruntung karena kondisi social ekonomi dan faktor geografis. Disamping itu mereka juga mempunyai keterbatasan waktu sehingga tidak dapat belajar di sekolah regular karena usia sekolah dan harus membantu orang tua untuk bekerja. Dengan wujud bantuan langsung yang diberikan pemerintah untuk terus mengembangkan sekolah terbuka, semua anak dapat menikmati Pendidikan. Siswa diberikan bekal ketrampilan pra-vokasional dan juga mengenal matematika melalau pemasaran produk tenun ikat. Pengenalan ketrampilan tenun ikat menjadi salah satu solusi altenatif siswa mengembangkan ketrampilan dan belajar matematika dengan keterbatasan waktu yang dimilili oleh siswa SMP terbuka. Selain tetap dapat membantu keluarga siswa secara langsung dapat belajar dan membantu perekenomian keluarga dengan ketrampilan tenun ikat yang dimiliki.
Matematika tanpa disadari sudah menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Kegiatan menghitung, menafsirkan/estimasi, memprediksi, pemetaan, pola dan grafik semuanya telah ada dan menjadi suatu buadaya dalam suatu kelompok masyarakat. Namun sayangnya dalam proses pembelajaran matematika secara formal justru matematika menjadi salah satu pelajaran yang sulit dimengerti.
Masyarakat juga belum terbiasa untuk mengidentifikasikan dan menganalisis kebudayaan daerah setempat dalam hal untuk keterkaitannya dengan matematika, sehingga ada rasa tidak percaya yang dibangun oleh masyarakat apabila kebudayaan yang dimilikinya terkandung nilai-nilai matematika. Oleh karena itu sudah saatnya memberikan pemahaman kepada masyarakat agar dapat lebih peka untuk menganalisis kebudayaan tersebut. Matematika sebenarnya sudah memegang peranan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, maka dapat diidentifikasikan bahwa matematika terdapat didalamnya.
Untuk dapat melihat kaitan matematika dengan  budaya kehidupan sehari-hari ada suatu pandangan berkenaan dengan hal itu yaitu etnomatematika.  Dimana etnomatematika mempelajari matematika yang ditemukan pada suatu budaya kelompok masyarakat. Penelitian tentang etnomatematika telah cukup banyak dilakukan karena seperti diketahui bahwa Indonesia memiliki keragaman budaya yang sangat banyak. Salah satunya adalah kain sabu raijua. Sesuai dengan namanya, kain tenun ini berasal dari kabupaten sabu raijua, Nusa Tenggara Timur. Keterampilan Tenun Ikat ini sebagai pendidikan keterampilan yang  diajarkan kepada semua peserta didik sekolah terbuka. Harapan penulis, keterampilan yang mereka miliki ini, dengan perhitungan biaya yang tepat akan bermanfaat untuk menopang perekonomian keluarganya.
Pembahasan
Tujuan dilaksanakan kegiatan pengenalan kegiatan ketrampilan tenun ikat pada siswa sekolah terbuka adalah:
- Mendukung Pelaksanaan Wajib Belajar Pendidikan Dasar Sembilan Tahun.
- Memberikan kesempatan untuk memperoleh pendidikan keterampilan yang bermutu.
- Meningkatkan mutu pendidikan keterampilan siswa, baik secara mandiri maupun kelompok di TKB
- Memperkenalkan matematika lewat budaya tenun ikat lewat bagaiamana estimasi biaya pembuatan tenun ikat sampai kepada pemasaran untuk mendapatkan keuntungan
Adapun sasaran dari kegiatan ini adalah siswa- siswi  SMP Terbuka . Hasil yang dicapai kegiatan pengenalan kegiatan ketrampilan tenun ikat pada siswa sekolah terbuka adalah:
- Terlaksananya Wajib Belajar Pendidikan Dasar  Sembilan Tahun
- Terwujudnya Pendidikan  keterampilan yang bermutu
- Meningkatnya Mutu Pendidikan Keterampilan  siswa, baik secara mandiri maupun kelompok di TKB
- Siswa mengenal matematika lewat motif dan corak yang berkaitan dengan materi segi empat serta teknik pemasaran untuk memperoleh keuntungan lewat budaya tenun ikat Sabu RaijuaÂ