Mohon tunggu...
Niko Hukulima
Niko Hukulima Mohon Tunggu... Human Resources - Karyawan Swasta dan Aktivis Credit Union Pelita Sejahtera

Hidup terlalu singkat untuk disia-siakan. Berusaha untuk lebih baik hari demi hari.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Apa yang Ingin Kamu Capai dengan Menggunakan Media Sosial?

1 Mei 2018   20:32 Diperbarui: 1 Mei 2018   20:53 513
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pertanyaan ini penting diajukan, agar media sosial sungguh-sungguh memiliki manfaat tatkala gadget ada ditangan kita. Kenapa media sosial ?

Rata-rata orang di Indonesia menghabiskan waktu selama 5,5 jam per hari menatap layar ponsel pintarnya. Selain itu, waktu yang digunakan untuk menggunakan smartphone paling banyak dilakukan saat sore hingga malam hari. Pengguna smartphone pada waktu itu menjadi terbesar kedua di bawah penonton televisi. Hal tersebut diungkapkan oleh Google Indonesia melalui hasil survei yang dilakukannya di lima kota besar di Indonesia pada periode Desember 2014 hingga Februari 2015 lalu.

Itu 3 tahun yang lalu. Satu tahun  yang lalu, penelitian yang dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jaringan Internet Indonesia (APJII) dalam survei Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia tahun 2017 mengungkapkan : mayoritas orang Indonesia bisa mengakses internet hampir seharian. 

Sebanyak 54,68 persen penduduk Indonesia sudah terkoneksi dengan internet. Sebanyak 29,63 persennya diantaranya menghabiskan empat hingga tujuh jam dalam menggunakan internet. Sedangkan 26,48 persen lainnya menghabiskan lebih dari tujuh jam waktunya dalam sehari untuk mengakses internet. 

Dalam sepekan, 65,98 persen orang Indonesia mengakses internet dalam tujuh hari. Layanan pesan instan atau chatting dan platform media sosial menjadi layanan favorit bagi masyarakat Indonesia, dimana separuhnya mengakses internet dari smartphone atau tablet.

Hari ini, kita boleh pastikan bahwa jumlahnya mungkin jauh lebih banyak lagi. Apa sebab? Dari total populasi penduduk Indonesia saat ini yang mencapai 262 juta jiwa, 143,26 juta diantaranya telah terhubung dengan internet. 

Ditambah lagi berbagai macam varian produk telepon pintar, mulai dari yang paling murah sampai yang paling mahal, bertebaran di segala penjuru kota. Siapapun dapat memperolehnya dengan mudah sesuai dengan kemampuannya. 

Maka, kalau saja penggunaan telepon pintar yang memakan waktu demikian banyak ini, diarahkan ke tujuan yang lebih positif-produktif, maka tidak sia-sialah telepon pintar ada ditangan kita. Inilah yang mendasari Credit Union Pelita Sejahtera, menyelenggarakan Pelatihan Media Sosial bertemakan : Have Fun Go Medsos, di fasilitasi oleh dua orang muda hebat pegiat Media Sosial : Herry Deje dan Leo Nara.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Bertempat di lantai 3 Gedung PSE, Jl. Suryo No. 43, pelatihan ini di adakan, dimulai pukul 09.00 sampai pkl. 15.00. Sebanyak tidak kurang dari 25 peserta ikut ambil bagian didalamnya. Apa yang di pelajari dalam pelatihan ini? Bukankah media sosial itu mudah dan itu-itu saja? Kebanyakan dari peserta awalnya berpikir demikian. 

Namun ketika fasilitator memulai menjelaskan materi satu-demi satu, semua peserta mulai mafum dan berkata, oo... ternyata begini to..... Selama ini kita hanya tahu sebatas ini : bermedsos bagi saya ya, upload swa foto, makanan apa yang sedang saya makan, bersama siapa saya jalan, curhat tentang teman atau keluarga yang tidak enak,  dan semacam itu. Kalau saya punya sesuatu yang hendak saja jual, ya... fotonya saya tempel saja di wall timeline saya, selesai.

Ternyata, berbisnis melalui Media Sosial, butuh teknik dan trik. Paling tidak, kini pengetahuan tentang ini bertambah. Mulai dari : "Arus Perjalanan Pengguna Internet, Pemetaan Media Sosial, platform Media Sosial apa saja yang pas untuk saya gunakan berbisnis, karekter Media Sosial, sisi positif dan negatif Media Sosial, hindari pemancing keributan di internet, hindari penipuan online, konten/post media sosial, influencer media sosial, Marketing menggunakan media sosial, dan yang paling penting adalah berpraktek langsung bagaimana membangun bisnis melalui media sosial. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun