Mohon tunggu...
Nur Hajar Sarah
Nur Hajar Sarah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

-

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Aksi Nyata! Mahasiswa KKN Undip Membuat Pojok Baca dan Storytelling untuk Meningkatkan Literasi Siswa SD

5 Februari 2023   22:35 Diperbarui: 6 Februari 2023   11:23 719
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pembuatan pojok baca dalam kelas (sumber: dokumentasi pribdadi)

Batang (5/2/2023) - Mahasiswa KKN Undip Tim 1 2022/2023 melakukan aksi nyata upaya meningkatkan literasi siswa SD dengan membuat pojok baca dan mengadakan storytelling.

Literasi menurut National Institute for Literacy adalah kemampuan individu dalam membacaa, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan, dalam keluarga, pekerjaan dan masyarkat.  Secara historis dan sosiologis, tingkat literasi yang tinggi adalah faktor yang paling mendukung sebuah bangsa dengan masyarakatnya menjadi unggul dan maju. kemajuan dan keunggulan individu, masyarakat, dan juga bangsa, ditentukan oleh adanya tradisi dan budaya literasi yang baik.

Aksi atau gerakan upaya peningkatan literasi dapat dilakukan dengan berbagai cara atau kegiatan. Contohnya seperti yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Undip, melakukan aksi nyata dengan membuat pojok baca dan mengadakan storytelling. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Candi, Desa Candi, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang.  


Berdasarkan wawancara dengan Kepala Sekolah dan guru pengajar SDN Candi, mengatakan bahwa literasi siswa masih rendah, dan juga kurang memadainya ruang perpustakaan sehingga belum dimanfaatkan dengan baik. Dari latar belakang tersebut, mahasiswa KKN Undip memanfaatkan koleksi bahan bacaan yang ada di perpustakaan sekolah untuk dijadikan pojok baca. Kegiatan pembuatan pojok baca tersebut dilaksanakan pada 24 Januari 2023, di kelas 3 SDN Candi. Kegiatan dimulai dengan mengajak siswa membuat mading, kemudian dilakukan kegiatan membaca bersama. Setiap siswa membaca satu buku dari pojok baca. 

Kegiatan membaca bersama (sumber: dokumentasi pribadi)
Kegiatan membaca bersama (sumber: dokumentasi pribadi)


Setelah membaca bersama, siswa diminta maju untuk menceritakan kembali isi buku yang dibaca. Siswa antusias mengantri bergilir untuk menceritakan buku yang mereka baca. Selanjutnya dilakukan kegiatan storytelling, mahasiswa KKN Undip membacakan cerita kepada siswa. Setelah dibacakan cerita, dilontarkan beberapa pertanyaan terkait cerita yang telah dibacakan. Siswa menjawab dengan baik dan antusias pertanyaan-pertanyaan yang diberikan. 

Kegiatan storytelling (sumber: dokumentasi pribadi)
Kegiatan storytelling (sumber: dokumentasi pribadi)

Kegiatan tersebut dapat mengembangkan kemampuan verbal dan juga mengasah kemampuan siswa dalam menangkap dan memahami isi dari bacaan. Dengan diadakannya kegiatan tersebut, menjadi aksi nyata mahasiswa KKN Undip dalam upaya meningkatkan literasi. Pembuatan pojok baca di dalam kelas juga upaya dalam meningkatkan minat baca siswa dan juga memperluas wawasan dan pengetahuan siswa.

Penulis : Nur Hajar Sarah
DPL :
Prof. Dr. Hermin Pancasakti Kusumaningrum, S.Si., M.Si.
Ir. Denis, S. T., M. Eng.
Clara Yully Diana Ekaristi S.E., M.Acc.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun