Batang (5/2/2023) - Mahasiswa KKN Undip Tim 1 2022/2023 melakukan aksi nyata upaya meningkatkan literasi siswa SD dengan membuat pojok baca dan mengadakan storytelling.
Literasi menurut National Institute for Literacy adalah kemampuan individu dalam membacaa, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan, dalam keluarga, pekerjaan dan masyarkat. Â Secara historis dan sosiologis, tingkat literasi yang tinggi adalah faktor yang paling mendukung sebuah bangsa dengan masyarakatnya menjadi unggul dan maju. kemajuan dan keunggulan individu, masyarakat, dan juga bangsa, ditentukan oleh adanya tradisi dan budaya literasi yang baik.
Aksi atau gerakan upaya peningkatan literasi dapat dilakukan dengan berbagai cara atau kegiatan. Contohnya seperti yang dilakukan oleh mahasiswa KKN Undip, melakukan aksi nyata dengan membuat pojok baca dan mengadakan storytelling. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN Candi, Desa Candi, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang. Â
Berdasarkan wawancara dengan Kepala Sekolah dan guru pengajar SDN Candi, mengatakan bahwa literasi siswa masih rendah, dan juga kurang memadainya ruang perpustakaan sehingga belum dimanfaatkan dengan baik. Dari latar belakang tersebut, mahasiswa KKN Undip memanfaatkan koleksi bahan bacaan yang ada di perpustakaan sekolah untuk dijadikan pojok baca. Kegiatan pembuatan pojok baca tersebut dilaksanakan pada 24 Januari 2023, di kelas 3 SDN Candi. Kegiatan dimulai dengan mengajak siswa membuat mading, kemudian dilakukan kegiatan membaca bersama. Setiap siswa membaca satu buku dari pojok baca.Â
Setelah membaca bersama, siswa diminta maju untuk menceritakan kembali isi buku yang dibaca. Siswa antusias mengantri bergilir untuk menceritakan buku yang mereka baca. Selanjutnya dilakukan kegiatan storytelling, mahasiswa KKN Undip membacakan cerita kepada siswa. Setelah dibacakan cerita, dilontarkan beberapa pertanyaan terkait cerita yang telah dibacakan. Siswa menjawab dengan baik dan antusias pertanyaan-pertanyaan yang diberikan.Â
Kegiatan tersebut dapat mengembangkan kemampuan verbal dan juga mengasah kemampuan siswa dalam menangkap dan memahami isi dari bacaan. Dengan diadakannya kegiatan tersebut, menjadi aksi nyata mahasiswa KKN Undip dalam upaya meningkatkan literasi. Pembuatan pojok baca di dalam kelas juga upaya dalam meningkatkan minat baca siswa dan juga memperluas wawasan dan pengetahuan siswa.
Penulis : Nur Hajar Sarah
DPL :
Prof. Dr. Hermin Pancasakti Kusumaningrum, S.Si., M.Si.
Ir. Denis, S. T., M. Eng.
Clara Yully Diana Ekaristi S.E., M.Acc.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H