Mohon tunggu...
Ngainun Naim
Ngainun Naim Mohon Tunggu... Dosen - Dosen

Penulis buku JEJAK INTELEKTUAL TERSERAK (2023). Dosen UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung Jawa Timur. Pengelola http://www.spirit-literasi.id. dan http://www.ngainun-naim.blogspot.com.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Ngemil Menulis di Tengah Kesibukan

13 Juni 2024   22:06 Diperbarui: 13 Juni 2024   22:22 256
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ngainun Naim

 

Menulis itu tidak selalu mudah. Kadang juga sulit, bahkan sangat sulit. Kesulitannya bisa bersumber pada materi yang dibahas. Bisa juga kesulitan yang bersifat teknis. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi bila tidak mampu diatasi akan berimplikasi pada tidak jadi atau tidak selesainya sebuah tulisan.

Tulisan ilmiah, sejauh pengalaman, harus dilakukan dengan totalitas. Butuh data cukup, waktu memadai, dan suasana yang kondusif. Tanpa adanya hal-hal yang mendukung, proses menulis akan sulit berjalan secara maksimal.

Tulisan jenis populer lebih mudah dalam pengerjaannya. Sepanjang tema telah ditemukan dan ancangan poin-poin telah disusun, proses eksekusi bisa berjalan cepat. Tinggal menulis uraian dari masing masing ancangan.

Beberapa waktu lalu saya menulis tentang seorang kenalan yang baru wafat. Pertama-tama yang saya lakukan adalah menentukan tema dan judul. Setelah itu saya rancang poin-poin yang ingin saya tulis. Masing masing poin saya asumsikan akan berisi 2-4 paragraf.

Saya cermati ancangan kasar yang saya buat. Beberapa bagian yang kurang tepat saya benahi. Setelah dirasa tidak ada yang perlu dibenahi, saya mulai menulis.

Saya mengandalkan tulisan tangan untuk tulisan semacam ini. Alasannya sederhana yaitu saya bisa mengerjakannya di sela-sela kesibukan bekerja. Tinggal membuka buku tulis, ambil pena, lalu menulis.

Memang prosesnya lama karena saya menulisnya sedikit demi sedikit. Di sela jeda rapat, misalnya, kadang sekali menulis hanya satu kalimat. Kadang satu paragraf. Kadang juga beberapa paragraf.

Saya tidak suka dikejar oleh target tertentu. Bagi saya, menulis yang nikmat itu ya menulis. Menulis, menurut keyakinan saya, ada banyak manfaatnya. Jika tidak ada manfaat untuk orang lain, setidaknya memberi manfaat untuk diri saya sendiri.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun