Mohon tunggu...
Johar Dwiaji Putra
Johar Dwiaji Putra Mohon Tunggu... Administrasi - Pegawai

Alumni Ilmu Komunikasi. PNS dan staf Humas.

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Nge-MC dan Cerita-ceritanya

15 Juni 2023   10:42 Diperbarui: 15 Juni 2023   10:53 207
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Pic source: dok. pribadi

Saat ini, aku bekerja di sebuah lembaga perpustakaan plat merah di Bukittinggi. Kau tahu Bukittinggi 'kan? Sebuah kota wisata yang berada di perbukitan Bukit Barisan, di Provinsi Sumatera Barat. Tak terasa, sudah lebih empat tahun aku mengais nafkah di sini. And still counting.

Alhamdulillah, latar belakang kuliahku adalah Ilmu Komunikasi. Dan saat ini jobdesc utamaku adalah staf Humas. Ya, hubungan masyarakat. Oleh karena itu, setiap harinya silih berganti aku bertemu dengan banyak orang. Dengan banyak pihak. Termasuk menemani dan mendampingi pimpinan di kantor tempatku bekerja ini.

Aku berusaha menikmati setiap momen yang menghampiriku setiap hari. Khususnya, kala harus menghadapi orang-orang baru. Pihak-pihak yang hendak berurusan denganku atau dengan kantorku.

Satu yang kupegang erat soal kehumasan ini. Bahwa peranku adalah sebagai "jembatan". Acap kali aku mesti menjadi penghubung, antara kantorku dengan segenap pihak eksternal. Aku sungguh bersyukur. Pekerjaan ini telah memberiku kesempatan untuk berjumpa dengan aneka ragam manusia.

Honestly, ada beragam cerita yang akhirnya kudapatkan saat bercengkerama dan berinteraksi dengan mereka. Karena aku percaya, setiap wajah membawa satu cerita. Dan cerita seseorang, tentu berbeda dengan cerita orang-orang lainnya.

Bagiku, menjadi seorang staf Humas telah memberiku pengalaman tersendiri. Bagaimana menjadi "jembatan" yang baik. Bagaimana memahami maksud dan tujuan dari pihak-pihak yang berdatangan ke kantor kita. Ini semua telah memberiku bekal. Bekal berharga yang memberikan pelajaran kepada diriku sendiri. Bagaimana bersikap dan berlaku secara profesional.

Berbicara soal bekerja, salah satu pekerjaan yang biasa kulakukan adalah menjadi pembawa acara atau master of ceremony. Alhamdulillah ... untuk pekerjaan yang satu ini, aku selalu mencoba untuk menikmatinya. Karena basic-ku adalah Ilmu Komunikasi, maka aku mempunyai pengetahuan dasar untuk berbicara di depan umum atau public speaking.

Bagiku, melakukan public speaking sudah menjadi makanan sehari-hari. Kali ini aku bukan sedang membanggakan diri sendiri. Melainkan, hanya berbagi sesuai kenyataan yang kurasakan di lapangan. Bahwa menjadi seorang staf Humas, mewajibkanku untuk lihai tatkala berinteraksi dengan orang-orang lain. Dengan berbagai pihak eksternal yang datang silih berganti.

Pekerjaan apapun, selalu menghadirkan tantangan tersendiri. Termasuk menjadi seorang MC. Kalau aku, aku selalu mempunyai pakem kala dipercaya menjadi MC dalam sebuah acara. Bagiku, momen menjadi pembawa acara adalah kesempatan emas untuk "menjual diri".

Tunggu, jangan berasumsi negatif dulu. Itulah sebabnya, aku menulis menjual diri di atas dengan tanda kutip. Karena buatku, menjadi MC adalah kesempatan untuk menunjukkan kemampuan diri. Bahwa aku bisa meng-handle sebuah acara.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun