Mohon tunggu...
Nevillim Bona Satria
Nevillim Bona Satria Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Semester 3 Universitas Pembangunan Jaya

Saya merupakan orang yang memiliki imajinasi tinggi. Saya juga menyukai berolahraga dan membaca komik.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Kesetaraan Gender: Perspektif Feminis

12 Desember 2023   16:21 Diperbarui: 12 Desember 2023   16:39 48
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Sebagai seorang mahasiswa, saya menyadari pentingnya kesetaraan gender melalui perspektif feminis. Pengalaman pribadi saya dalam menggali pemahaman ini dimulai ketika saya belajar di kelas  Teori Komunikasi dan Postmodernisme Dr. Geofakta Razali. Dalam diskusi tersebut, saya mendengar cerita-cerita tentang ketidaksetaraan yang masih banyak dialami oleh perempuan dalam berbagai aspek kehidupan, mulai dari dunia kerja hingga ruang publik. Hal ini membuka mata saya terhadap ketidakadilan yang terjadi di sekitar kita, dan saya semakin yakin bahwa setiap individu, tanpa memandang gender, seharusnya memiliki hak dan peluang yang sama.

Salah satu aspek menarik dalam kelas tersebut adalah peran laki-laki dalam mendukung kesetaraan gender. Saya belajar bahwa sebagai laki-laki, saya memiliki tanggung jawab untuk menjadi sekutu perempuan dalam perjuangan mereka. Ini bukan hanya tentang memberikan dukungan verbal, tetapi juga melibatkan diri aktif dalam mengidentifikasi dan menentang perilaku atau norma sosial yang merugikan perempuan. Saya menyadari bahwa perubahan ini membutuhkan partisipasi aktif dari semua pihak, termasuk laki-laki, untuk menciptakan lingkungan yang adil dan inklusif.

Pengalaman ini secara signifikan memengaruhi identitas saya sebagai seorang laki-laki dalam konteks sosial modern. Saya merasa lebih terlibat dalam upaya untuk menciptakan kesetaraan gender, bukan hanya untuk kepentingan perempuan, tetapi juga untuk membangun masyarakat yang lebih adil dan berkelanjutan. Saya meyakini bahwa melibatkan laki-laki dalam perjuangan kesetaraan gender bukan hanya tanggung jawab, tetapi juga merupakan langkah yang krusial untuk mencapai tujuan bersama dalam menciptakan dunia yang lebih inklusif bagi semua individu, tanpa memandang jenis kelamin.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun