Perkembangan teknologi yang pesat memicu para pelaku UMKM untuk bersikap adaptif mengikuti perkembangan yang ada. Digital marketing merupakan suatu istilah yang merujuk pada kegiatan pemasaran barang atau jasa yang memanfaatkan teknologi digital untuk mempromosikan, meningkatkan arus penjualan, dan meningkatkan minat pembeli.
Instagram hadir sebagai perwujudan kemajuan teknologi, penggunaanya telah berkembang dari hanya sekadar platform berjejaring sosial, kini merambah menjadi platform untuk pemasaran. Para pelaku UMKM melakukan berbagai inovasi usaha, salah satunya dengan melakukan penguatan saluran penjualan dan pemasaran melalui pemanfaatan media digital
Maka dari itu, para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) harus mampu memaksimalkan manfaat dari hadirnya Instagram. Hal ini dilakukan sebagai sarana promosi produk & meningkatkan penjualan UMKM RW 07 Desa Cikahuripan secara signifikan baik dari segi omset, inovasi dan daya saing dengan pengeluaran relatif rendah dalam hal uang, tenaga, dan waktu.
Secara keseluruhan, pelaku UMKM di RW 07 Desa Cikahuripan belum optimal dalam mempromosikan produknya melalui Instagram. Hal tersebut dikarenakan kurangnya literasi digital warga perihal fitur-fitur yang dapat digunakan untuk memasarkan produk yang dijual di era digital ini.
Berdasarkan permasalahan di atas, kelompok P2MB UPI membantu masyarakat dengan mengadakan program sosialisasi digital marketing. Kami mengundang Mas Budi Antono, S.Ap., M.Ipol., selaku Konsultan UMKM dari dinas UMKM Kota Bandung. Program ini dilaksanakan pada bulan Mei 2023 di Balai Desa Cikahuripan.