Sosialisasi program merupakan kegiatan yang penting untuk dilakukan. Dengan sosialisasi diharapkan masyarakat dapat memperoleh informasi terkait program yang dilaksanakan dan juga bagaimana mereka dapat mengekses program tersebut.
Akan tetapi hasil pengalaman monitoring yang pernah saya lakukan terkait dengan program bantuan sosial untuk rakyat miskin, ternyata sosialisasi masih juga menjadi tantangan.
Berdasarkan dari para pakar sosialisasi, sosialisi yang efektif untuk program bantuan sosial untuk rakyat miskin radio dan koran selain itu ada porster dan lainya.
Faktanya ketika dilapangan menunjukan bahwa sosialisasi program bantuan sosial kepada rakyat miskin melalui radio dan koran tidak efektif. Mengapa?
Perlu dipahami bahwa Program bantuan sosial dekat dengan keluarga, ibu dan anak perempuan. Mengapa? karena mereka lebih banyak di rumah dan berinteraksi dengan para pelaksana program sosial. Fakta dilapangan para pembaca koran lebih banyak laki-laki dibandingkan perempuan, sehingga pesan untuk mensosialisikan program lebih dikenal oleh laki-laki dibandingkan perempuan dimana lebih banyak sebagai pelaksana penerima program. Selain itu, karena mereka rakyat miskin belum mengunakan uang mereka yang ada untuk membeli koran, mereka lebih banyak untuk membeli pangan untuk kebutuhan hidup.
Selain itu, saat ini rakyat miskin lebih menyukai memiliki televisi dibandingkan radio. Dari bebagai daerah yang dikunjungi untuk melihat tingkat kesuksesan daripada sosialisi program melalui radio, menunjukan dari beberapa rumah yang dikunjungi mereka menyatakan tidak memiliki radio. Memang mereka memiliki HP dan juga televisi yang kecil, tapi radio tidak lagi dipandang sebagai barang yang utama untuk ada di rumah. Mereka menyatakan "lebih baik memiliki televisi" daripada radio. Selain program tv yang menarik juga bisa mendapatkan hiburan yang virtual dibandingkan radio.
Melihat hasil temuan tersebut, mungkin perlu dikaji ulang apakah sosialisasi program melalui radio dan koran masih efektif? atau jika ingin melakukan radio dan koran, lakukan dahulu kajian di masyarakat yang ingin disasar, apakah mereka memiliki akses tersebut selain itu, apakah mereka memang melakukan kegiatan mendengar radio dan membaca koran.
Ini menjadi penting agar sosialisasi program mencapai tujuan.
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI