Lokasi : SMP Negeri 30 Kerinci
Penulis : NETRA NOPITA, S.Pd
Tanggal : 26 September 2022
TUJUAN
Meningkatkan Kemampuan pemahaman membaca siswa yang masih rendah dalam Teks Fungsional Pendek melalui penerapan model pembelajaran Discovery Learning di Kelas IX SMP Negeri 30 Kerinci
SITUASI
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah rendahnya kemampuan pemahaman membaca siswa dalam dalam Teks Fungsional Pendek, hal ini penyebabnya adalah sebagai berikut :
- Kemampuan dasar siswa dalam mata pelajaran Bahasa Inggris masih rendah.Â
- Masih rendahnya penguasaan kosa kata Bahasa Inggris siswa
- Belum di terapkan strategi dan model pembelajaran yang efektif dalam pemahaman membaca.
- Belum diterapkan media pembelajaran yang menarik untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa
Praktik ini sangat penting untuk dibagikan karena berdasarkan rencana pembelajaran pada Praktik Pengalaman lapangan (PPL) yang menerapkan Model Pembelajaran Discovery Learning membuat siswa menemukan hal baru terhadap suatu fenomena. model discovery learning menuntut siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran dan menemukan sendiri suatu konsep pembelajaran. Discovery learning  juga bisa menjadi pilihan model yang sesuai dengan materi teks fungsional pendek (Label). Model belajar ini menuntut guru lebih kreatif menciptakan situasi yang membuat peserta didik belajar aktif dan menemukan pengetahuan sendiri.Â
Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai fasilitator dalam menerapkan Model pembelajaran Discovery Learning untuk mengatasi permasalahan yang di hadapi dan meneliti tentang permasalahan yang terjadi  selama  proses  pembelajaran di  kelas serta menyelesaikan masalah-masalah khusus dan teknis di dalam pembelajaran yang dihadapi.
TANTANGAN
Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, maka beberapa tantangan yang dihadapi adalah:
- Â Menemukan Materi visual yang otentik dan akrab dengan kehidupan siswa sesuai dengan topik yang akan di sampaikan selama proses pembelajaran merupakan sebuah tantangan yang harus di selesaikan.
- Beberapa peserta didik dalam satu kelompok masih ada yang belum terlihat aktif dan berani untuk menyampaikan hasil kerja kelompok didepan kelas dan selalu meminta teman kelompok nya untuk menyampaikan.