Sponsorship adalah bentuk dukungan dari perusahaan kepada sesuatu organisasi, seorang, ataupun penyelenggara kegiatan yang diganti dengan publisitas ataupun promosi dari sesuatu produk.
Dalam dunia marketing, sponsorship adalah sesuatu kegiatan yang berbasis konvensi dari pihak pengiklan serta pihak yang mau memasang sesuatu iklan. Mengingat bahwa penyediaan dana sangat dibutuhkan agar acara dapat direalisasikan sesuai dengan yang diharapkan. Akan tetapi, tidak mudah untuk mencari dan menemukan sponsorship event.Â
Berikut ini tips untuk mencari sponsorship event :Â
1. Membuat Proposal dan Memperbanyak Proposal
Proposal untuk sponsorship harus dibuat dengan detail, mulai dari list barang sampai estimasi biaya yang dikeluarkan. Gunanya agar semua data-data dapat terorganisir dengan baik dan tidak ada penggelembungan dana. Setelah itu perbanyak proposal agar bisa diajukan ke berbagai perusahaan lain yang ada di daftar sponsor.
2. Pahami Perusahaan atau Organisasi Target Sponsor
Sebelum mencari sponsor, terlebih dulu Sorunters harus memahami secara menyeluruh tentang perusahaan atau organisasi yang akan kita tuju untuk mendapatkan sponsor. Agar, Sorunters menemukan sponsor yang sesuai dengan event atau acara yang dibuat.Â
3. Mendapatkan perizinanÂ
Karena mengurus izin tidaklah mudah dan harus melibatkan birokrasi.Â
4. Melakukan Follow up kepada Sponsor
Jika sudah menemukan sponsor yang dituju, jangan lupa untuk meminta nomor kontak yang bisa dihubungi dan juga tidak lupa untuk sering mengcheck email secara rutin agar tidak ketinggalan info dari perusahaan atau organisasi sponsor.Â