MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DAN SISWA DALAM PEMANFAATAN PROGRAM KOMPOTASI MATEMATIKA DALAM GEOGEBRA
                           NESSA OVIA QULSUM        Â
Program Studi Pendidikan Matematika-4
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Jl. William Iskandar Pasar V, Medan Estate
Email : nessaovia531@gmail.com
PENDAHULUAN
Dalam dunia pendidikan, komputer sering digunakan sebagai sarana untuk mengakses sumber belajar yang efisien melalui pembelajaran berbasis ICT. Berbagai jenis pendidik menggunakan berbagai media untuk memfasilitasi proses belajar mengajar di kelas ini.Â
Selain itu, media juga dapat digunakan sebagai media transmisi informasi agar informasi yang disampaikan oleh guru dapat diterima dengan baik oleh siswa. Oleh karena itu penting bagi guru untuk dapat menggunakan media dengan bijaksana selama kursus.
 Berbagai keunggulan program komputer dalam pembelajaran matematika Kusumah (2003) menggambarkan hal tersebut. Menurutnya, program komputer sangat ideal untuk mempelajari konsep matematika yang membutuhkan ketelitian tinggi, konsep atau prinsip yang berbeda, dan menyelesaikan grafik dengan presisi, kecepatan, dan akurasi.
 Selain itu, Kusumah (2003) mengemukakan bahwa inovasi dalam pembelajaran berbasis komputer berguna untuk mengintegrasikan pembelajaran konsep matematika, khususnya transformasi yang berkaitan dengan geometri, kalkulus, statistik, dan grafik fungsi.
Sebagai pelatih ahli, Anda harus mampu menggunakan media di setiap ruang sekolah. Namun, dalam latihan yang sering diabaikan melalui instruktur karena motif yang beragam. Misalnya, keterbatasan waktu untuk membuat dan menyusun media karena kesibukan, keterbatasan dana, dan masalah dalam mencari media yang berbentuk kain yang diajarkan.Â
Motif-motif tersebut kini tidak perlu lagi dijadikan alasan bagi instruktur, khususnya individu yang memperoleh tunjangan sertifikasi.Â
Mereka harus memiliki kemampuan untuk menemukan dan menggunakan media yang tepat dan mampu berkembang terutama berdasarkan materi yang diajarkan. Media tempat belajar yang paling umum digunakan di ruang sekolah adalah papan tulis.Â
Teks, buku yang diungkap, dan jepret foto mode atau properti. Tapi media seperti program. Bahkan dengan banyak program, sistem komputer hampir tidak pernah digunakan untuk itu. Ada banyak paket atau program laptop yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran prinsip dalam belajar aritmatika, diantaranya adalah GeoGebra
Program perangkat lunak Geogebra memungkinkan instruktur aritmatika membuat ilustrasi gambar dan desain geometris, di dalam keinginan memotivasi mahasiswa untuk meneliti aritmatika. Setelah mendapatkan kain, trainer mendesain RPP, belajar dengan program software Geogebra dan mendesain LKS dengan Geogebra. Pembelajaran membuat rencana dilaksanakan melalui penggunaan bahan reflektif pada beberapa titik proses pembelajaran.
 Matematika merupakan salah satu bidang teknologi yang sangat kritis dalam gaya hidup. Ini divalidasi melalui kenyataan bahwa belajar aritmatika ada dalam semua rentang sekolah dan secara keseluruhan dari perawatan kesehatan hingga teknologi. Selain itu, aritmatika adalah salah satu topik penting dalam gaya hidup dan harus diterima dengan cara yang luar biasa.
 Hal ini terkait dengan salah satu kemampuan dalam gaya hidup normal, yaitu menterjemahkan masalah secara matematis untuk menyelesaikannya. Matematika adalah teknologi sehari-hari dan ide untuk peningkatan teknologi dan teknologi. Pentingnya aritmatika, pelajaran ini secara ateratur digunakan sebagai patokan untuk menentukan kelas pertama pengajaran.
Sebagai pelatih ahli, Anda harus mampu menggunakan media di setiap ruang sekolah. Namun, dalam latihan yang sering diabaikan melalui instruktur karena motif yang beragam. Misalnya, keterbatasan waktu untuk membuat dan menyusun media karena kesibukan, keterbatasan dana, dan masalah dalam mencari media yang berbentuk kain yang diajarkan.Â
Motif-motif tersebut kini tidak perlu lagi dijadikan alasan bagi instruktur, khususnya individu yang memperoleh tunjangan sertifikasi.Â
Mereka harus memiliki kemampuan untuk menemukan dan menggunakan media yang tepat dan mampu berkembang terutama berdasarkan materi yang diajarkan. Media tempat belajar yang paling umum digunakan di ruang sekolah adalah papan tulis.Â
Teks, buku yang diungkap, dan jepret foto mode atau properti. Tapi media seperti program. Bahkan dengan banyak program, sistem komputer hampir tidak pernah digunakan untuk itu. Ada banyak paket atau program laptop yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran prinsip dalam belajar aritmatika, diantaranya adalah GeoGebra
Program perangkat lunak Geogebra memungkinkan instruktur aritmatika membuat ilustrasi gambar dan desain geometris, di dalam keinginan memotivasi mahasiswa untuk meneliti aritmatika. Setelah mendapatkan kain, trainer mendesain RPP, belajar dengan program software Geogebra dan mendesain LKS dengan Geogebra. Pembelajaran membuat rencana dilaksanakan melalui penggunaan bahan reflektif pada beberapa titik proses pembelajaran.
 Matematika merupakan salah satu bidang teknologi yang sangat kritis dalam gaya hidup. Ini divalidasi melalui kenyataan bahwa belajar aritmatika ada dalam semua rentang sekolah dan secara keseluruhan dari perawatan kesehatan hingga teknologi. Selain itu, aritmatika adalah salah satu topik penting dalam gaya hidup dan harus diterima dengan cara yang luar biasa.Â
Hal ini terkait dengan salah satu kemampuan dalam gaya hidup normal, yaitu menterjemahkan masalah secara matematis untuk menyelesaikannya. Matematika adalah teknologi sehari-hari dan ide untuk peningkatan teknologi dan teknologi. Pentingnya aritmatika, pelajaran ini secara teratur digunakan sebagai patokan untuk menentukan kelas pertama pengajaran.
STUDI LITERATUR
Matematika merupakan salah satu ilmu terpenting dalam kehidupan. Hal ini dibuktikan dengan adanya pembelajaran matematika di semua jenjang pendidikan, dan di semua jenjang mulai dari kesehatan hingga teknologi. Selain itu, matematika merupakan salah satu mata pelajaran terpenting dalam kehidupan dan harus diajarkan secara optimal.Â
Hal ini terkait dengan salah satu fungsi kehidupan sehari-hari dari pemodelan matematis untuk menyelesaikan suatu masalah. Matematika merupakan ilmu pengetahuan nasional dan merupakan dasar bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Â
Mengingat pentingnya peran matematika, pelajaran ini sering dijadikan sebagai tolak ukur untuk menentukan kualitas pendidikan. Hal ini sejalan dengan tujuan pendidikan untuk melibatkan siswa dalam proses kognitif dan mempersiapkan kehidupan masa depan mereka.Â
Proses kognitif siswa dalam pembelajaran matematika merupakan aktivitas logis. Dalam matematika, kemampuan penalaran disebut kemampuan penalaran matematis, dan kemampuan penalaran matematis adalah kemampuan untuk menarik kesimpulan umum dari suatu data, persamaan, atau operasi yang diberikan.Â
Kegiatan yang menunjukkan keterampilan penalaran matematis meliputi menggambar penalaran, menganalogikan, menggeneralisasi, memprediksi pola, menjelaskan masalah, dan memecahkan masalah menggunakan pola hubungan, menganalisis, dan membangun prediksi.
Penalaran matematis didefinisikan sebagai kemampuan untuk membandingkan suatu objek dan menghubungkannya dengan subjek lain. Selanjutnya, penalaran matematis adalah pengetahuan yang mendalam tentang suatu konsep dan termasuk salah satu kapasitas kognitif tertinggi untuk mewakili rasio.Â
Selain itu, penalaran matematis berkaitan erat dengan bagaimana siswa menyatakan dan menghubungkan suatu masalah dengan kehidupan nyata. Selain itu, kemampuan bernalar tidak hanya penting dalam kurikulum matematika, tetapi juga merupakan indikator penting untuk mencapai hasil akademik yang baik dalam matematika.Â
Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menalar secara matematis merupakan salah satu kemampuan kognitif yang berkaitan dengan menarik, menganalisis, membandingkan rasio yang ada dan memberikan penjelasan, model, bentuk masalah dan topik lainnya dinilai lemah. Menurut hasil studi internasional seperti PISA dan TIMSS, Indonesia menempati urutan ke-36 dari 2 negara yang diuji (TIMSS, 2011).Â
 Pembelajaran matematika di Indonesia masih terfokus pada pembelajaran tatap muka dan seringkali didominasi oleh guru. Siswa selalu menerima apa yang diberikan secara pasif dan interaksi hanya terjadi satu arah. Seiring waktu, metode pembelajaran konvensional mulai berubah, dan banyak guru dan siswa menggunakan perangkat lunak untuk memecahkan masalah.Â
Oleh karena itu, penggunaan pembelajaran matematika berbasis perangkat lunak sangat ideal, karena cocok untuk semua gaya belajar, keadaan, kebutuhan, dan persyaratan. Untungnya, dengan adopsi yang cepat dari rekayasa perangkat lunak di lembaga pendidikan tinggi, pendidik memiliki lebih banyak kesempatan untuk meneliti gaya belajar yang paling sesuai dengan lingkungan siswa.Â
Oleh karena itu, dukungan perangkat lunak adalah cara yang baik untuk melengkapi proses belajar mengajar dibandingkan dengan lingkungan kelas tradisional. Selain itu, penggunaan perangkat lunak juga akan meningkatkan motivasi dan kemandirian dalam proses belajar mengajar, karena perangkat lunak juga dapat digunakan dengan arsitektur.
Di bidang pendidikan juga, perkembangan teknologi mengalami kemajuan yang pesat. Teknologi digital dalam dunia pendidikan dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran untuk membantu siswa mendapatkan informasi yang sebenarnya. Penggunaan software ini sangat bermanfaat bagi guru dan siswa dalam melakukan kegiatan pendidikan dan pembelajaran.Â
Perangkat lunak ini memungkinkan siswa untuk lebih terlibat dalam proses pembelajaran dengan melihat dokumen secara lebih dinamis dan interaktif.
 Rendahnya kemampuan berpikir matematis siswa tidak berkembang karena rendahnya kemampuan berpikir matematis guru disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya metode pengajaran guru yang masih prosedural. Oleh karena itu, siswa perlu meningkatkan kemampuan penalaran matematisnya.Â
Peningkatan kemampuan berpikir matematis dapat dicapai dengan meningkatkan kualitas pembelajaran. Kualitas pembelajaran matematika dapat dievaluasi dengan menerima teknologi yang digunakan. Teknologi dikatakan berguna untuk pembelajaran matematika.Â
Oleh karena itu, menggunakan teknologi untuk belajar matematika memungkinkan siswa untuk memahami dan meningkatkan kemampuan matematika mereka. Oleh karena itu, pembelajaran yang berhubungan dengan matematika sangat diperlukan.
 Cara yang ideal untuk belajar matematika dengan teknik yang ada. Banyak pendidik yang masih belum sepenuhnya memahami bagaimana hasil belajar matematika yang baik berdampak langsung pada siswa dalam kehidupan sehari-hari. Mengingat kemampuan penalaran matematika siswa masih lemah, maka pembelajaran matematika juga dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa.
 Dengan begitu banyak jenis instalasi, GeoGebra dapat digunakan sebagai alat pembelajaran matematika untuk membuktikan atau memvisualisasikan konsep matematika, dan sebagai alat untuk membuat konsep matematika. Artikel ini berisi uraian tentang program GeoGebra dan contoh penggunaan GeoGebra sebagai media pembelajaran matematika.
METODE PENELITIAN
Penelitian ini dapat menjadi pertanyaan tentang metode pengumpulan informasi audit penulisan pekerjaan karena penulis mengumpulkan survei tertulis yang penting dan memahami apa yang diperlukan untuk mendukung penelitian, khususnya untuk meningkatkan kapasitas pengajar dan siswa. dalam memanfaatkan salah satu aritmatika dasar tersebut. program. , khususnya Geogebra.Â
Program komputer ini sangat mudah digunakan dan sangat cocok untuk kain matematika tingkat sekolah. Program Geogebra dapat menawarkan bantuan instruktur menggambar garis, gambar geometris untuk memberi energi semangat siswa untuk ilmu pengetahuan.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Program atau program komputer dapat berupa kumpulan informasi yang disimpan secara elektronik dan diawasi oleh komputer. Ada berbagai jenis program komputer, beberapa tidak berbayar dan berbayar. Dalam pembelajaran aritmatika, berbagai macam program komputer digunakan. Dapat dimanfaatkan antara lain:
 SPPS dapat berupa program komputer yang digunakan untuk menganalisis wawasan berhitung kekejaman, modus, kekejaman, simpangan baku, pengujian teori, dll.
GeoGebra, dapat berupa program komputer untuk menghitung geometri, matematika berbasis variabel dan geometri.
Microsoft Science, adalah program komputer yang dapat digunakan untuk mengungkap masalah-masalah dalam juggling bilangan, jaringan, wawasan, matematika polinomial langsung, trigonometri dan memang beberapa masalah termasuk perincian ilmu material dan kimia.
SOFTWARE GEOGEBRA
PROGRAM GEOGEBRA
GeoGebra merupakan program yang dapat dimanfaatkanuntuk mendukung pembelajar.GeoGebra dibuat oleh Marks Hohenwarter dari Florida Atlantic College, USA pada tahun 2001. GeoGebra adalah program aritmatika energik yang dapat dimanfaatkan sebagai wahana untuk belajar aritmatika.Â
Program komputer ini dibuat oleh Marks Hohenwarter dari Florida Atlantic College of America pada tahun 2001 untuk mendukung pembelajaran, baik peralatan maupun program komputer. Salah satu software yang paling banyak digunakan adalah GeoGebra.Â
GeoGebra adalah instrumen program komputer yang cukup lengkap dan digunakan secara luas. Judul GeoGebra adalah bentuk singkat dari geometri (geometri) dan matematika polinomial (matematika berbasis variabel).Â
Terlepas dari kenyataan bahwa judulnya mengacu pada geometri dan matematika polinomial, aplikasi ini tidak mendukung kedua mata pelajaran ini, tetapi juga mendukung sebagian matematika melewati mereka.Â
GeoGebra awalnya dibuat oleh Markus Hohenwarter dari Austria dan dirilis sebagai program komputer open source yang dapat digunakan dan dibuat secara gratis. Menggunakan aplikasi GeoGebra ini memungkinkan siswa untuk menyelidiki lebih banyak kapasitas dan memungkinkan mereka untuk membuat koneksi.
GeoGebra adalah program komputer aritmatika energik yang dapat digunakan untuk mendukung pembelajaran aritmatika. Pada awalnya, program komputer ini dibuat oleh Check untuk mendukungnya dalam persiapan pengajaran dan pembelajaran Matematika di sekolah.Â
GeoGebra dapat berupa program berbasis kombinasi geometri, matematika berbasis variabel dan ujian yang dapat digunakan untuk belajar mengajar di tingkat dasar, menengah, tinggi, dan perguruan tinggi. GeoGebra bisa menjadi program komputer yang konsisten dengan hampir semua kerangka kerja selama kita menginstal java.Â
GeoGebra dapat diperkenalkan tanpa biaya dengan mengunjungi situsnya. Untuk instruktur, GeoGebra menawarkan kesempatan sukses untuk membentuk lingkungan belajar online intuitif yang memungkinkan siswa untuk menyelidiki konsep numerik yang berbeda.Â
GeoGebra dibuat untuk membantu siswa belajar aritmatika dengan lebih baik. GeoGebra dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran, instrumen pembuatan materi pembelajaran dan penyelesaian masalah matematika.Â
Siswa dapat membangun masalah matematika klaim mereka dan menjelaskannya menggunakan GoeGebra. GeoGebra adalah salah satu program komputer matematika gratis komprehensif terkemuka yang dapat diakses dan dapat digunakan untuk menjelaskan masalah geometri, matematika polinomial, dan kalkulus.Â
GeoGebra singkatan dari geometri (geometry) dan matematika berbasis variabel (variable based math), GeoGebra ini dapat diperkenalkan di komputer, smartphone, membuat kondisi yg menguntungkan bagi instruktur & siswa untuk menggunakannya. Guru dan siswa juga tidak harus terhubung ke web saat menggunakan program komputer ini karena sedang offline.Â
Keunggulan dari aplikasi GeoGebra ini antara lain: kemudahan penggunaan, kegunaan relatif untuk pembelajaran sains, dukungan panggung web, kembalinya kerangka kerja yang beragam, dapat diakses dalam beberapa dialek, dan tidak lengkap untuk pembelajaran karena kegunaan yang diberikan GeoGebra sangat total.Â
hampir tentang bagaimana instruktur dapat membuat dokumen dan lembar kerja dan memadukannya di tengah persiapan pembelajaran. Â Tampilan program komputer GeoGebra seperti tampak pada pengambilan gambar.
Dengan membuat model dan mempertimbangkan koneksi numerik. Dengan GeoGebra, siap untuk membuat materi online yang intuitif bagi siswa untuk dikerjakan dengan lembar kerja. Penggunaan program GeoGebra menawarkan beberapa titik fokus, antara lain:
- Geometri yang sering dibandingkan dapat dihasilkan dengan cepat dan tepat menggunakan pensil, penggaris atau kompas.
- Adanya kantor-kantor pergerakan dan kegiatan kontrol dalam program GeoGebra untuk dapat memberikan tampilan visual yang lebih jelas bagi mahasiswa untuk mendapatkan konsep geometri.
- Dapat digunakan sebagai umpan balik/penilaian untuk menjamin bahwa gambar yang dimasukkan sudah benar.
- Mempermudah guru/siswa untuk memutuskan atau mengilustrasikan sifat-sifat yang berlaku pada benda-benda geometris.
GeoGebra sangat berharga sebagai media pembelajaran aritmatika dan latihan yang berbeda menurut Hohenwarter & Fuchs (2004) adalah sebagai berikut:
- Sebagai media pengenalan dan visualisasi Dalam hal ini, dalam pembelajaran konvensional, pendidik menggunakan GeoGebra untuk mengilustrasikan dan memvisualisasikan konsep-konsep ilmiah tertentu.
- Sebagai alat bantu bangunan Dalam hal ini, GeoGebra digunakan untuk membayangkan perkembangan konsep numerik tertentu, seperti pengembangan lingkaran dalam dan luar segitiga, atau garis singgung.
- Sebagai instrumen dalam proses wahyu Dalam hal ini GeoGebra digunakan sebagai instrumen bagi mahasiswa untuk menemukan konsep-konsep ilmiah, misalnya sebuah put. Area fokus atau karakteristik grafik parabola.
Penggunaan komputer yang berbeda dalam pembelajaran sains menunjukkan untuk mendukung dan mendorong pemahaman siswa tentang konsep-konsep ilmiah. artinya untuk menunjang dan mendorong pemahaman siswa terhadap konsep-konsep ilmiah.Â
Oleh karena itu, pemahaman konsep siswa harus dimanfaatkan lebih penting daripada wajar untuk memajukan kapasitas siswa untuk membuat program mesin komputer; program komputer. Dalam hal ini, guru Diperlukan Aplikasi gerakan atau program komputer yang berbeda yang dibuat oleh siswa dengan konsep Kesesuaian dan Prinsip.
Dalam banyak hal, memahami konsep pekerjaan yang berbeda yang harus ditunjukkan oleh program komputer. Meskipun demikian, untuk beberapa derajat, program komputer dapat digunakan dalam menangani pengembangan konseptual siswa ini.Â
Berdasarkan hasil kerja, media pembelajaran komputer dapat dihubungkan dengan penanaman konsep, pemahaman konsep, dan peningkatan kemampuan konsep. Tahap pembelajaran pemahaman berpusat pada menangkap dan memperluas pemahaman seputar konsep yang dipelajari di tengah tahapan penanaman konsep. menyusun, mempertimbangkan, konsep, mengasah bakat, dan menciptakan kemampuan yang mengarahkan siswa dalam menerapkan konsep yang dipelajari.
Menu dasar GeoGebra adalah: Rekam, Ubah, Lihat, Pilihan, Aparatur, Windows, dan Tawarkan bantuan untuk menggambar geometri pertanyaan. Menu Record digunakan untuk membuat, membuka, menyimpan dan mengirimkan record, dan untuk keluar dari program. Â Â
Menu alter digunakan untuk penggambarannya. Show Menu digunakan untuk mengatur acara. Menu pilihan mengawasi kapasitas pertunjukan yang berbeda, seperti mengatur perkiraan gaya tekstual, mengatur jenis pertanyaan geometris, dll. Menu Bantuan menyediakan informasi khusus untuk menggunakan program GeoGebra. Menu total Ada seperti Gambar Dibawah
Keunggulan GeoGebra
- Perangkat lunak gratis
- Dapat digunakan dalam berbagai kerangka kerja (Windows, MacOS, Linux)
- Dijunjung lebih banyak berdasarkan 40 bahasa.
- Gulingkan 3D
- Distribusikan Internet. Catatan .ggb di GeoGebra dapat didistribusikan ke internet. Ini memudahkan siswa untuk menggunakannya, karena biasanya menggunakan browser (IE, Mozilla, Chrome, dll.) untuk terhubung. Dengan kata lain, pada komputer siswa tidaklah mendasar untuk memperkenalkan GeoGebra. Namun tentunya harus dijamin bahwa bentuk Java yang paling baru sudah terinstall.
- Â Mudah Digunakan. Kenyamanan di sini adalah bahwa setiap tombol & struktur kalimat di GeoGebra terus berjalan dengan menggunakan hadiah pencerahan & penggunaan.
CONTOH APLIKASI PROGRAM GEOGEBRA
Catatan GeoGebra berfungsi, yaitu memuat bahwa dua tepi yang tidak ada memiliki lebar yang sama dan melakukan dua faktor pengaturan lurus. GeoGebra dapat digunakan untuk menampung semua bahwa dua tutup yang saling berdekatan memiliki lebar yang sama. Langkah-langkah yang harus dilakukan adalah perbandingan sebagai berikut:Â
- Membuat garis dua kolom yang saling bekerja melalui dua titikÂ
- Tentukan pembagian noda untuk dua kolom yang berisi titik potong kedua benda
- Kemudian instrumen sudut untuk mencirikan denah semua sisi yang ada
- Â Kemudian setelah langkah-langkah over dilakukan, hasil-hasilnya diuraikan seperti dalam pengambilan gambar berikut
Â
PENGGUNAAN APLIKASI GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN
PERSAMAAN LINIER
Misalnya, mampu menemukan pengaturan ke kerangka kondisi langsung. Diketahui bahwa kerangka kondisi lurus dua variabel dapat diselesaikan dengan beberapa cara, salah satunya dapat berupa grafik. Dengan GeoGebra, strategi grafis dapat diurai dengan mudah. Sebagai ilustrasi, kami menggunakan GeoGebra untuk menyelesaikan pengambilan setelah kerangka dua variabel persamaan lurus
- Ketik di dalam bilah input kondisi 2x+y=15 Biasanya berguna untuk membuat grafik persamaan.
Â
- Pada menu bar input sertakan kondisi x+2y=18
 Â
- Pilih alat silang (garis silang) Â kemudian tekan 2 garis tadi
- Perhatikan tayangan aritmatika (matematika berbasis variabel) pada kolom yang telah dikosongkan, titik potong (titik A) antara 2 garis adalah solusinya.
Â
- Mengatasi kerangka kondisi lurus dengan 2 faktor.
 Â
SEGITIGA
Untuk menemukan seluruh titik-titik dalam suatu segitiga, hitunglah jumlah titik-titik di dalam segitiga tersebut sebagai akibat dari kesimpulan bahwa titik-titik di dalam segitiga tersebut adalah segitiga adalah 1800. Cara membentuk segitiga Anda dapat menggunakan yang berikut:
- Tekan Pengembangan rasa pilih poligon
- Dalam Ilustrasi Lihat segitiga, tunjukkan 3 titik yang akan menjadi simpul berdasarkan segitiga (Klik pada titik yang ditentukan dengan mengklik dan mendekatinya dengan mengklik), akibatnya gambar segitiga terbentuk.
- Derajat titik dalam segitiga, dengan mengklik Titik dalam pengertian pengembangan, kemudian mengklik tiga titik sudut segitiga untuk menghasilkan perkiraan titik segitiga. Contoh Klik A, B, C, maka titik di dalam segitiga yang didapat adalah titik B.
- Jumlahkan jumlah titik pada segitiga yang dapat menggunakan input bar ++ & dapatkan hasil setelah:
TRIGONOMETRI
Salah satu materi dalam trigonometri adalah menggambar grafik kapasitas trigonometri. Asumsikan kita diminta untuk menggambar grafik y = a cos (bx+c) +d, kemudian menyimpulkan apa yang cerdas dari a, b, & c menggunakan grafik pekerjaan y = cos x. Untuk melihat interaksi ini, Anda dapat menggunakan kantor penggeser yang ada di GeoGebra. Siswa dapat menggambar grafik trigonometri dengan mengambil langkah-langkah berikut:
- Mengubah tampilan sumbu x dengan mengklik kanan, memilih pengaturan grafik dan memilih sumbu X pada simbol hapus dan menyesuaikan unit menggunakan apa yang kita inginkan.
- Â Ketik nilai a, b, c & d secara serempak menggunakan apa yang kita butuhkan di dalam bilah input.
- grafik y = a cos (bx+c) +d yang kita butuhkan pada input bar.
- Berikut tampilan yang ada di dalam gambar.
 Â
- Selanjutnya klik kanan pada dab a, b, c, & d lalu pilih liveliness karena nilai a, b, c, & d akan berpindah, buat kita pilih tombol play.
 Â
GEOMETRI
Dengan memanfaatkan Geogebra, pengembangan bentuk geometris menjadi kurang menuntut dan lebih tepat. Contoh berikutnya adalah demonstrasi pemanfaatan Geogebra terkait menggunakan material garis lurus.
- Buka Geogebra
- Â Kita akan menggambar grafik berdasarkan y=x+1 . Caranya adalah dengan mengurutkan "y=x+1 lalu enter" di menu Input. hasil:
Â
Di geogebra akan ada grafik yang dipilih menggunakan "grafik". GeoGebra, juga dapat digunakan untuk menyelidiki parabola, grafik kapasitas sinus, pengaturan garis untuk pengaturan, dan karakteristik 2 lingkaran yang bersilangan.
GeoGebra dapat digunakan untuk menyelidiki karakteristik parabola dengan menggunakan kondisi f(x)=a(x-b)2+c. Dalam hal ini, a, b, dan c adalah parameter yang tidak jelas. Dengan memanfaatkan kantor atau slider di GeoGebra, karakteristik parabola dapat diselidiki dengan menggunakan substitusi parameter ini.Â
Seberapa positif bentuk parabola bagi siswa jika itu bisa dilakukan? Bagaimana jika itu layak untuk menjadi negatif? Selain itu, siswa dapat belajar apa jika b layak diubah, apa yang b perlu 0, dan seterusnya. Dengan cara ini, siswa dapat membangun pemahaman mereka tentang karakteristik parabola.
Â
GeoGebra dapat digunakan untuk menyelidiki karakteristik grafik kerja kosinus f(x)=a sin b (x+h)+k . Dengan kantor slider, Anda akan dapat menyelidiki karakteristik grafik ini, dengan menggantikan nilai a, b, h, & k dalam kondisi fungsi.
GeoGebra dapat digunakan untuk menunjukkan pengambilan setelah pengaturan atau keadaan. Ketinggian bola berdasarkan bagian terbaik dari tanah pada y meter pada x detik dicirikan dengan memanfaatkan y=35x-5x2. Dengan kantor penggeser, Anda akan memvisualisasikan interaksi antara waktu & tinggi badan bola tanah.Â
Visualisasi untuk anak-anak ini dapat didasarkan pada kapan bola datang ke yang terbaik, ketika bola jatuh ke tanah, dan sebagainya. Setelah memperhatikan gambar sebelumnya, secara sistematis atau formal. Siswa dapat dipandu untuk menjelaskan kasus-kasus yang berkaitan dengan keadaan, untuk kasus memilih klimaks bola atau ketika bola kembali ke tanah.
 Â
Â
GeoGebra juga dapat digunakan untuk mengajar kalkulus, yang pada dasarnya adalah sosialisasi. Siswa diminta untuk membuat grafik berdasarkan kapasitas tertentu, misalnya Selain itu, siswa dapat diminta untuk memilih uppersum & lowersum berdasarkan over work menggunakan segmen atau jumlah persegi panjang n, menggunakan n sebagai parameter yang tidak ditentukan.Â
Dengan GeoGebra, Anda akan memutuskan harga yang pasti berdasarkan pekerjaan yang berlebihan menggunakan batas. Dengan kantor slider untuk mengubah nilai n, akan terlihat bahwa pada dasarnya akan mendekati homogen UpperSum & Lower-Sum dalam grafik di atas. Dengan cara ini, siswa akan mendapatkan pemahaman yang baik tentang konsep yang pasti.
KESIMPULAN
Pemanfaatan program komputer dalam latihan pembelajaran  mungkin menjadi kebutuhan di zaman sekarang ini, ada beberapa program komputer yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran, salah satunya adalah GeoGebra, sebuah bundel aplikasi numerik yang dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal. macam matematika yang benar (ekspositori) dan numerik. .Â
Dengan kemampuannya, Geogebra dapat menjadi perangkat yang solid untuk memahami perhitungan numerik, matematika berbasis variabel khas dan memvisualisasikan beberapa titik fokusnya, menghitung Geogebra dapat digunakan untuk mengungkap masalah numerik seperti matematika polinomial, kalkulus, aritmatika diskrit, angka, dll. .
 Grafik yang akan datang dapat ditukar dengan laporan lain Perintah-perintah penting Geogebra sangat mendasar dan mudah didapat sehingga bahkan klien pemula Geogebra dapat digunakan tidak seperti sebelumnya untuk ilmu komputasi tetapi terlebih lagi untuk membutuhkan keuntungan dari metode pemahaman dan mempelajari matematika dan sains.Â
Ada beberapa program atau aplikasi komputer yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran terbanyak dalam pembelajaran Matematika.
Dengan berbagai macam instansi, GeoGebra dapat dimanfaatkan sebagai sarana pembelajaran ilmu pengetahuan untuk mendemonstrasikan atau memvisualisasikan konsep-konsep numerik serta sebagai alat untuk menyusun konsep-konsep ilmiah.Â
Pertanyaan ini dapat menjadi penelitian bahwa pekerjaan menulis audit metode pengumpulan informasi karena pencipta mengumpulkan survei menulis yang penting dan memahami apa yang diperlukan untuk mendukung penelitian, khususnya untuk meningkatkan kapasitas guru dan siswa di memanfaatkan salah satu dari aritmatika langsung ini.Â
Biasanya sesuai dengan penelitian Ljubica Dikovi (2009) "Ujian faktual menegaskan bahwa penggunaan applet yang dibuat dengan bantuan GeoGebra dan digunakan dalam pendidikan kalkulus diferensial memiliki pengaruh positif pada pemahaman dan informasi siswa" dapat dikatakan bahwa biasanya kenyataan faktual yang menyatakan bahwa penerapan GeoGebra dalam pembelajaran Aritmatika berdampak positif terhadap pemahaman dan informasi siswa.
Keunggulan dari aplikasi GeoGebra antara lain: kemudahan penggunaan, kegunaan relatif untuk belajar aritmatika, back stage web, mendukung kerangka kerja yang berbeda, dapat diakses dalam beberapa dialek, dan tidak memadai untuk pembelajaran karena kegunaan yang diberikan oleh GeoGebra sangat lengkap.Â
GeoGebra sangat berharga sebagai media untuk belajar aritmatika dan latihan yang berbeda sesuai dengan Hohenwarter & Fuchs (2004) adalah sebagai berikut: Sebagai media untuk pengenalan dan visualisasi dalam pembelajaran konvensional, instruktur memanfaatkan GeoGebra untuk menggambarkan dan memvisualisasikan konsep-konsep ilmiah tertentu.
DAFTAR PUSTAKA
Akhirni, Ari, and Ali Mahmudi. "Pengaruh pemanfaatan cabri 3D dan geogebra pada pembelajaran geometri ditinjau dari hasil belajar dan motivasi." Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains 3.2 (2015): 91-100.
Agung, Shandy. "Pemanfaatan aplikasi geogebra dalam pembelajaran matematika smp." Prosiding 3.1 (2018).
Aripin, Usman, et al. "ASGAR (animasi software geogebra dan alat peraga) untuk mendukung proses pembelajaran matematika di kelas." Jurnal Solma 9.2 (2020): 354-360.
Aris, Naimah, et al. "Peningkatan kualitas pembelajaran matematika bagi guru sma melalui media google classroom dan geogebra." JATI EMAS (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat) 3.2 (2019): 196-200.
Faiziyah, Nuqthy. "Geogebra untuk Pembelajaran Matematika." Proceeding of The URECOL (2018): 1-4.
Fitriani, Fitriani, Talisadika S. Maifa, and Hendrika Bete. "Pemanfaatan Software Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika." Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Masyarakat 2.4 (2019).
Hadi, Fida Rahmantika. "PEMANFAATAN PROGRAM GEOGEBRA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA."
Japa, Ngurah, I. Made Suarjana, and Wayan Widiana. "Media Geogebra dalam pembelajaran matematika." International Journal of Natural Science and Engineering 1.2 (2017): 40-47.
Kesumawati, Nila, et al. "PELATIHAN PENGGUNAAN GEOGEBRA BAGI GURU SMP, SMA, DAN SMK SE-SUMATERA BAGIAN SELATAN DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA." JURNAL CEMERLANG: Pengabdian pada Masyarakat 3.2 (2021): 196-209.
Muharlisiani, Lusy Tunik, et al. "PENINGKATAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA SMK DI SIDOARJO MELALUI APLIKASI GEOGEBRA." (2017).
Mulbasari, Anggria Septiani. "IMPLEMENTASI IPTEK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA APLIKASI GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG INOVATIF."
Nur, Isman M. "Pemanfaatan program geogebra dalam pembelajaran matematika." Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 5.1 (2017).
Qurohman, M. Taufik, Syaefani Arif Romadhon, and Ratih Wulandari. "Peningkatan Kompetensi Siswa Dan Guru Smk Dinamika Kota Tegaltentang Pemanfaatan Program Komputasi Matematika Geogebra." Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang 3 (2018).
Sinaga, Sarmulia. "Analisa Perbandingan Pembelajaran Matematika Metode Klasikal Dengan Alat Bantu Geogebra." Educational Building Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan dan Sipil 4.1 JUNI (2018): 25-32.
Tanzimah, Tanzimah. "PEMANFAATAN GEOGEBRA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA." PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG. 2019.
Yunita, Alfi, and Lucky Heriyanti Jufri. "Pelatihan Guru Matematika Dalam Penggunaan Software Geogebra." Jurnal Pengabdian dan Peningkatan Mutu Masyarakat 1.2 (2020).
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H