Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sekarang ini media pembelajaran sangat diperlukan baik bagi guru maupun peserta didik. Media pembelajaran yang menarik dan efektif akan mempermudah peserta didik dalam menangkap materi yang disampaikan oleh guru. Nah, sebelumnya media pembelajaran itu apa sih? Media pembelajaran adalah alat bantu proses belajar mengajar.Â
Dalam arti kata lain media pembelajaran adalah segala sesuatu yang dapat dipergunakan untuk merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan ketrampilan belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar. Oleh karena itu, media pembelajaran adalah salah satu bagian penting dari komponen sistem pembelajaran.Â
Di era pandemi seperti ini media pembelajaran sangatlah penting guna menunjang proses belajar mengajar dengan mematuhi anjuran pemerintah yaitu tetap belajar di rumah.Â
Media yang cocok digunakan adalah yang bersifat konvensional atau ada wujud konkretnya. Nantinya media pembelajaran tersebut bisa dijadikan bentuk video dan diupload ke channel youtube seperti yang saya dan teman-teman mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Purworejo kerjakan.
Saya sendiri sudah membuat beberapa media pembelajaran konvensional yang salah satunya adalah Ulat Si Tasur (Untuk Latihan Sistem Tata Surya). Seperti namanya, saya membuat media tersebut untuk menjelaskan materi IPA kelas 6 SD mengenai sistem tata surya.
Media yang saya buat berbahan sterofoam yang di atasnya ditempeli 9 kertas berbentuk lingkaran yang menggambarkan sebuah matahari dan 8 planet yang ada pada sistem tata surya kita. Kemudian 9 kertas berbentuk lingkaran tersebut saya susun berderet sehingga menjadi seperti sebuah ulat. Nah, cara bermainnya yaitu dengan menempelkan nama dari masing-masing planet sesuai dengan urutannya.Â
Di sini saya mengajak anak-anak Desa Kaliurip, RT 03/RW 03, Bener, Purworejo untuk menerapkannya. Sebelum mulai bermain menggunakan media pembelajaran tersebut, saya terlebih dahulu menjelaskan apa itu sistem tata surya dan nama-nama planet beserta urutannya. Kemudian saya meminta anak-anak untuk mencoba bermain secara bergiliran dengan mengacungkan jari terlebih dahulu.Â
Ternyata mereka sangat antusias dan mudah menerima materi yang saya jelaskan dengan bantuan media pembelajaran tersebut. Tidak lupa saya juga mengabadikan proses tersebut ke dalam sebuah video yang nantinya akan saya upload ke channel youtube Media Pembelajaran IPA PGSD UMPwr. Dapat dibuktikan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran anak-anak menjadi lebih antusias dalam belajar, mudah menerima materi yang dijelaskan serta melatih diri untuk berani dalam mencoba menjawab soal atau memecahkan masalah.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H