Mohon tunggu...
Neng Suyantiny
Neng Suyantiny Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa dengan NPM 10120538 Jurusan S1 Manajemen di Universitas Teknologi Digital

Si Introvert penyuka Kpop itulah aku

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Batujajar

13 Mei 2024   23:12 Diperbarui: 14 Mei 2024   08:12 184
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Puskesmas Batujajar berlokasi di Jl Raya Batujajar No. 383 Desa Batujajar Barat Kab. Bandung Barat. Di artikel ini, saya akan membahas BAB II yang berisi tinjauan pustaka mengenai penelitian saya yang berjudul "Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Batujajar". 

Kepuasan pasien adalah suatu tingkat perasaan pasien yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehnya setelah pasien membandingkannya dengan apa yang diharapkannya. Untuk menilai apakah pasien tersebut puas atau tidaknya terhadap suatu layanan maka terdapat faktor-faktor yang berhubungan dengan penilaian tersebut. 

Untuk mengukur kepuasan dari pasien terdiri dari beberapa aspek seperti keyakinan, hubungan pasien dengan tenaga kesehatan, kompetensi tenaga kesehatan hingga dari biaya kesehatan atau pengobatan. Selain itu, kepuasan pasien juga memiliki empat dimensi untuk mengukur tingkat kepuasan pasien mulai dari akses pelayanan kesehatannya, mutu pelayanan kesehatannya, proses pelayanan kesehatanya serta sistem pelayanan kesehatannya.

Dalam meningkatkan kepuasan pasien terhadap Puskesmas Batujajar tentunya terdapat beberapa hal yang mendasarinya atau menjadi faktor penting dalam hal ini termasuk salah satunya seperti yang dijelaskan di atas yaitu dari Kualitas Pelayanan Kesehatannya. Kualitas pelayanan ini penting dalam memuaskan kebutuhan para pasien. Untuk mengukur sejauh mana kualitas pelayanan yang tersedia di Puskesmas Batujajar dapat menggunakan 5 Dimensi atau yang sering disingkat menjadi RATER (Reliability, Assurance, Tangible, Empathy, dan Responsiviness). Oleh karena itu, di penelitian ini terutama di Bab-Bab selanjutnya nantinya saya akan mencari tahu hubungan dan juga pengaruh antara Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien di Puskesmas Batujajar.

Untuk lebih lanjutnya, materi BAB II dapat di download di link di bawah ini :

BAB II TINJAUAN PUSTAKA

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun