Di Indonesia, siapa yang tidak familiar dengan K-Pop? Popularitas K-Pop ini tidak perlu dipertanyakan lagi. Mulai dari generasi 3 seperti BTS, BLACKPINK, NCT, SEVENTEEN sampai generasi 4 seperti Stray Kids, ENHYPEN, NewJeans, dan banyak lagi.
Kehadiran KPop Group ini tidak terasa melahirkan komunitas berbagai fandom, sebutan untuk Korean Pop atau  fans K-Pop di Indonesia. Sebagaimana diketahui, Indonesia sendiri menjadi negara dengan jumlah penggemar K-Pop terbesar di dunia.
Maka tidak heran, jika para K-popers ini telah menunjukkan minat yang semakin besar pada produk yang lebih eksklusif dan langka. Mereka akan terus "mengawalnya". Â Terlebih jika bekerja sama dengan K-Pop idola mereka.
Melihat begitu banyaknya fans K-Pop Group mendorong sejumlah brand Indonesia melirik K-Pop Group dan berkolaborasi agar bisa lebih dekat dengan fans K-pop. Sebut saja Ultra Milk yang berkolaborasi dengan Stray Kids asal JYP Entertainment. Kolaborasi dengan Stray Kids -- Â Bangchan, Hyunjin, Felix, Lee Know, I.N, Han, Changbin, Kim Woojin, dan Seungmin, tentu saja disambut riuh STAY(sebutan untuk penggemar Stray Kids).
Tidak ketinggalan Oreo yang menggandeng BLACKPINK dengan menghadirkan produk khusus edisi OREO x BLACKPINK. Siapa yang tidak tergila-gila dengan girl band asal Korea itu. Kehadirannya berhasil mencuri perhatian masyarakat sejak awal kolaborasi ini diluncurkan dengan biskuit isi krim khas OREO namun berwarna pink.
K-Playlist adalah salah satu komunitas fans Korea terunggul di Indonesia yang menaungi lebih dari 20 fan base. Sebagai bentuk apresiasi terhadap kolaborasi yang sudah dilakukan para brand dengan menggandeng K-Pop Group, K-Playlist mengadakan K-Playlist Annual Community Award (KACA) tahun 2023.
Perayaan yang dihelat Rabu 28 Februari 2024 sore di Main Atrium The Forum Mall Kelapa Gading 3, Kelapa Gading, Jakarta Utara, itu sangat meriah.
Co-Founder K-Playlist, Jennifer Heryanto, mengatakan para pemenang dipilih oleh seluruh Korean Fan Community K-Playlist melalui mekanisme voting. Tentu saja ada beberapa tahap yang dilalui.
Tahap pertama adalah survey kepada 400 K-Pop Community Leaders dari berbagai fandom. Hasilnya terpilih top 5 brand dengan vote terbanyak dari total 10 brand yang berkolaborasi dengan K-Pop di tahun 2023. Â
"K-Playlist sendiri selain K-Pop Fan Community, kita juga manage kerja sama brand ambassador dan lisensi produk dengan Top K-Pop Group. Untuk komunitas fans sendiri, kita manage lebih dari 20 fan community, dengan event berkala baik itu online maupun offline," terangnya.