Mohon tunggu...
Tety Polmasari
Tety Polmasari Mohon Tunggu... Lainnya - ibu rumah tangga biasa dengan 3 dara cantik yang beranjak remaja
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas, insyaallah tidak akan mengecewakan...

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Fiksi 2023 Tampilkan Karya Wirausaha Inovatif Terbaik Pelajar Indonesia

28 September 2023   15:46 Diperbarui: 28 September 2023   16:01 737
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 

Fiksi. Cerita rekaan. Khayalan. Imajinasi. Tapi, fiksi yang ini beda. Bukan khayalan, bukan rekaan, apalagi imajinasi. Ya, fiksi yang ini benar-benar berdasarkan kenyataan. Real. Sungguh-sungguh. Meski, mungkin ya berawal dari khayalan.

Ini bukan cerita fiksi. Melainkan Festival dan Inovasi Kewirausahaan Siswa Indonesia yang disingkat Fiksi. Pada tahun ini menjadi "Fiksi 2023". Fiksi yang untuk ke-7 tahun ini mengangkat tema "Merdeka Berprestasi, Talenta Usaha Menginspirasi". Fiksi berlangsung pada 25 - 30 September 2023 di Smesco Indonesia, Jakarta.

Kegiatan yang ditujukan bagi siswa SMA/MA dan SMK ini diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Kali ini menggandeng Smesco Indonesia atau LLP-KUKM (Lembaga Layanan Pemasaran- Koperasi Usaha Kecil Menengah).

Final Fiksi 2023 secara resmi dibuka oleh Staf Ahli Mendikbudristek Bidang Manajemen Talenta Tatang Muttaqin dan Direktur Bisnis dan Pemasaran Smesco Indonesia Wientor Rah Mada pada Rabu 27 September 2023 di Smesco Indonesia.

Dikatakan final, karena peserta yang mengikuti Fiksi 2023 ini sudah berdasarkan hasil seleksi ketat di wilayah masing-masing. Mereka lolos dua tahap seleksi sebelumnya.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, sebanyak 96 tim SMA berjumlah 182 orang siswa dan 80 tim SMK berjumlah 147 siswa dari 199 jumlah sekolah, berasal dari 24 provinsi lolos menjadi finalis Fiksi 2023.

Adapun yang mendaftar dari awal Fiksi 2023 bergulir sebanyak 4.026 siswa dari 578 sekolah yang berasal dari 207 Kabupaten/Kota di 36 provinsi Indonesia.

Mereka berkompetisi pada enam cabang lomba. Bagi kelompok siswa SMA/MA cabang yang dilombakan yaitu Kriya; Game, Aplikasi & Video Animasi; Fashion; Desain Grafis; Boga; dan Lintas Usaha.

Sedangkan bagi kelompok siswa SMK cabang yang dikompetisikan agak sedikit berbeda sebagaimana spektrum dari cabang keahlian kurikulum. Yaitu Agribisnis, Agroteknologi, dan Kemaritiman; Kesehatan dan Wirausaha Sosial; Pariwisata dan Kuliner; Industri Kreatif; Teknologi Digital.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun