Mempertahankan brand di tengah gempuran banyak brand bukanlah perkara mudah. Bagaimana agar pembeli yang menyukai suatu produk akan selalu mengingat nama tokonya ataupun nama brand yang mereka beli.
Nama brand inilah yang nantinya akan meningkatkan brand awareness dan membuat pembeli ingat akan produk tersebut. Ibarat nyawanya suatu produk bisnis. Semakin banyak orang mengenal brand tersebut, semakin panjang pula umur bisnis yang dijalankan.
Namun, di tengah upaya mempertahankan brand ataupun usaha, tidak jarang "layu sebelum berkembang". Ada brand di awal-awal peluncuran mendapat tempat di hati masyarakat, namun dalam hitungan bulan, brand tersebut mulai dilupakan.
Di sisi lain, ada juga brand yang mampu mempertahankan brand produk meski harus bersaing dengan produk sejenis lainnya. Mampu bertahan di tengah ketidakpastian pertumbuhan ekonomi global. Mampu bertahan di tengah badai pandemi Covid-19.
Sebut saja Advanced Digitals. Bahkan perusahaan elektronik rumah tangga ini beberapa waktu lalu memborong penghargaan bergengsi Top Brand Award yang diselenggarakan oleh lembaga riset independen Frontier Research.
Tidak tanggung-tanggung, memboyong 5 penghargaan sekaligus. Yaitu kategori Elektronik Audio Speaker Aktif dan Pasif Terbaik, Air Fyer Terbaik, Food Procesor Terbaik, Powerbank Terbaik dan Stand Mixer Terbaik.
Lantas apa rahasianya? Teddy Tjan, Marketing Director Advanced Digitals, mengatakan pihaknya selalu berkomitmen untuk terus mengkomunikasikan sisi pengembangan produk kepada para konsumen setianya di Indonesia.
Perusahaan juga memberikan layanan purnajual terbaik. Meski produk diproduksi di pabrik yang terletak di Kawasan Industri Candi Semarang, Jawa Tengah, namun layanan purnajual tersebar di seluruh kota di Indonesia.
Bagi perusahaan, kata Teddy, Top Brand Award menjadi langkah awal dari jawaban akan inovasi dan perbaikan tanpa henti. Meraih Top Brand Award sebagai bukti merek tersebut dipercaya oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.
Dikatakan, penghargaan tersebut membuktikan perusahaan mampu bertahan menghadapi hantaman badai resesi global yang terjadi di Indonesia.
"Menjadi suatu hal yang membanggakan mengingat tidak semua perusahaan mampu berdiri tegak di tengah gejolak resesi," katanya.
Menurutnya, perusahaan perlu melakukan berbagai inovasi demi mempertahankan aset tidak berwujud (intangible asset) terutama berupa brand atau merek. Tentu saja tujuannya agar perusahaan bisa terus bertahan dan pelanggan tidak beralih ke perusahaan sejenis.
Perusahaan tidak lagi sekedar membuat barang lalu menjualnya, tapi sudah memunculkan intangible asset yang nilainya lebih tinggi daripada aset fisik yang dimiliki. Perlu inovasi, menciptakan hal-hal baru yang terus-menerus memperkenalkan brand supaya jadi favorit dan tetap dikenal masyarakat.
"Salah satu tips untuk mempertahankan bisnis adalah pantang menyerah. Sekalipun banyak tantangan yang dilalui, bukan menjadi alasan untuk berhenti berinovasi dan berkomunikasi dengan konsumen," kata Teddy.
Sebagai informasi Top Brand Award diberikan kepada brand yang telah memenuhi 2 kriteria umum. Pertama perolehan Brand Index Advanced yang lebih dari 10 persen. Kedua, berada dalam 3 top merek yang paling diminati masyarakat Indonesia.
Untuk menjawab kepercayaan tersebut, pihaknya berjanji akan terus memberikan inovasi untuk produk premiun dan canggih. Juga berkomitmen memberikan layanan purnajual prima untuk melayani konsumen di Indonesia.
Pihaknya sangat berterima masih kepada keluarga Indonesia yang sudah setia menggunakan produk-produknya. Berkat kesetiaan ini pencapaian penjualan terus melonjak. Untuk di pasar Jawa Tengah sendiri pada tahun ini, perolehan dari sisi sales sudah membukukan peningkatan penjualan y.o.y lebih dari 300 persen dari tahun sebelumnya.
"Kami optimis tahun 2023 ini akan kami tutup bukan hanya dengan mampu bertahan tapi dengan hasil yang jauh lebih baik dibanding dari tahun-tahun sebelumnya baik dari sisi penjualan produk dan performa perusahaan," kata Teddy.
Teddy menduga produk-produk Advanced Digitals bisa mendapat tempat di hati masyarakat karena saat ini masyarakat membutuhkan hiburan. Meski bukan sebagai kebutuhan pokok, namun kebutuhan ini dianggap penting oleh sebagian besar masyarakat.
"Khususnya mereka yang memiliki aktivitas yang cukup padat. Bekerja dengan intensitas tinggi yang dapat memicu stres. Terutama di kota-kota besar. Salah satu solusi yang dapat menurunkan tingkat stres ya dengan memenuhi sisi kebutuhan hiburan," katanya.
Seiring dengan berjalannya waktu dan semakin banyaknya aktivitas atau kegiatan-kegiatan, muncullah kebutuhan akan hiburan. Kebutuhan yang dianggap bisa menjadi alternatif untuk mengatasi kejenuhan dari aktivitas-aktivitas yang sudah dilalui tersebut.
Misalnya dengan mendengarkan atau bermain musik yang sekaligus dapat dijadikan sarana hiburan atau penyaluran hobi. Produk audio Advanced Digitals bisa memenuhi kebutuhan tersebut.
"Atau untuk yang hobi memasak, bisa menggunakan food prosecor yang dapat membuat kegiatan memasak menjadi sesuatu yang amat menyenangkan," katanya.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H