Mohon tunggu...
Neng Agustina Dewi
Neng Agustina Dewi Mohon Tunggu... -

anak segala-galanya

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Upaya Guru dalam Mengevaluasi Hasil Belajar Siswa

29 April 2014   23:05 Diperbarui: 23 Juni 2015   23:03 536
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Evaluasi (penialaian) merupakan upaya untuk membuat keputusan tentang tingkat hasil belajar siswa sesuai dengan tujuan pembelajaran. Evaluasi hasil belajar berfungsi untuk menentukan jenis tingkat kesulitan siswa serta factor penyebabnya dapat diketahui dari hasil belajar atau dari hasil evaluasi tersebut. Seorang guru harus memberikan penilaian kepada siswa dengan kriteria-kriteria yang sama bagi setiap pekerjaan tanpa membeda-bedakan siswa yang satu dengan siswa yang lainnya, tetapi sering terjadi suatu alat evaluasi yang dibuat oleh seorang guru menimbulkan berbagai interpretasi, sehingga hasilnya sangat berbeda-beda, karena setiap siswa mempunyai interpretasinya masing-masing terhadap alat tersebut.

Penilaian juga meliputi semua aspek batas belajar. Menurut ( Schwartz dan kawan-kawannya), penilaian adalah suatu program untuk memberikan pendapat dan penentuan arti atau faedah suatu pengalaman, yang dimaksud dengan pengalaman adalah pengalaman yang diperoleh dari hasil proses pendidikan. Pengalaman tersebut tampak pada perubahan tingkah laku atau pola kepribadian siswa. Jadi pengalaman yang diperoleh siswa adalah pengalaman sebagai hasil belajar siswa di sekolah. Dalam hal ini, penialaian adalah suatu upaya untuk memeriksa sejauh mana siswa telah mengalami kemajuan belajar atau telah mencapai tujuan belajar dan pembelajaran.

Evaluasi (penilaian) hasil belajar adalah keseluruhan kegiatan pengukuran (pengumpulan data dan informasi), pengolahan, penafsiran dan pertimbangan untuk membuat keputusan tentang tingkat hasil belajar yang dicapai oleh siswa setelah melakukan kegiatan belajar dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.

Tujuan evaluasi belajar adalah memberikan informasi yang berkenaan dengan kemajuan siswa, pembinaan kegiatan belajar, menetapkan kemampuan dan kesulitan, untuk mendorong motivasi belajar, membantu perkembangan tingkahlaku dan membimbing siswa untuk memilih sekolah atau jabatan/pekerjaan. Semoga dengan adanya evaluasi tersebut seorang guru dapat mengetahui berapa banyak hal-hal yang telah dimiliki oleh siswa dari hal-hal yang telah di ajarkannya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun