SEOCon merupakan event tahunan tentang digital marketing dan SEO terbesar untuk para marketer, pemilik bisnis, dan profesional di Asia Tenggara. Tahun 2023 ini, SEOCon kembali hadir dengan fokus pada topik performance-oriented marketing, dan diadakan di The Hall Kasablanka Jakarta, 24-25 Mei 2023.
Menghadirkan lebih dari 25 pembicara yang ahli di bidang digital marketing dan SEO selama 2 hari konferensi dan workshop, SEOCon mengajak digital marketers untuk mengeksplorasi topik digital marketing dan SEO yang bergerak dan berevolusi dengan sangat cepat, dari E-E-A-T, hingga update terbaru mengenai faktor-faktor marketing dan algoritma.
Denny Abditama Putra, VP Marketing Niagahoster, menjadi salah satu pembicara untuk topik Marketing Strategy dengan materi yang menjelaskan bagaimana mengatur strategi kreatif untuk membuat marketing campaign yang dijalankan berdasarkan performance.
Pentingnya Eksekusi Kreatif dari Ide Campaign
Sebuah marketing campaign tentunya dimulai dengan menemukan ide yang dapat menjawab dan memberikan solusi pada sebuah masalah. Denny Abditama Putra, VP Marketing Niagahoster, menjelaskan dalam sesi materinya di SEOCon 2023, ide bukan lagi hal yang terpenting. Yang paling penting adalah masalah produk atau brand yang dicoba untuk diselesaikan.
"Dari masalah yang ada dan sedang dialami, lalu ditentukan apa goals yang ingin dicapai. Dari situ, kita ubah masalah menjadi challenge berupa pertanyaan yang akan dijabarkan menjadi sebuah ide dan insight serta strategi dalam marketing campaign yang akan dilakukan," ujar pria yang akrab disapa Abdi tersebut.
Namun tentunya ide dan strategic thinking tidak akan ada artinya tanpa eksekusi kreatif dalam creative campaign. Beberapa marketing campaign pun akhirnya tidak berhasil menarik perhatian audiens karena hanya menampilkan sebuah kebenaran, namun kurang menarik untuk membuat orang mengingatnya dalam waktu yang lama.
Sangatlah penting untuk menghubungkan antara kebenaran dengan kreativitas untuk meningkatkan hasil dari suatu marketing campaign. Brand harus bisa bercerita (telling stories) dalam creative campaign dan membuatnya dengan sederhana namun disajikan dengan cantik. Sertakan pula sebuah "WOW moment" yang akan menarik perhatian audiens bahkan membuat heboh ketika orang-orang melihat campaign tersebut.
Audiens Memegang Peranan Penting bagi Brand
20 tahun yang lalu, brand-brand membuat tagline yang menggambarkan brand, produk, dan target pasar mereka. Namun saat ini, audiens atau target pasar suatu brand lah yang menentukan tanggapan yang menggambarkan suatu brand. Sehingga, berfokus pada audiens adalah hal yang harus dilakukan oleh brand dan bisnis.
Hal itu menjadi sebuah motivasi bagi brand untuk memberikan yang terbaik bagi audiens dan pelanggan. Tidak hanya fokus untuk menjual produk, namun juga memberikan value lebih dalam pelayanan yang mengajak pelanggan untuk tumbuh bersama brand dan bisnis.