Mohon tunggu...
Neneng Uswatun Hasanah
Neneng Uswatun Hasanah Mohon Tunggu... Lainnya - Digital Marketing Enthusiast

seorang website dan digital marketing enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Branding dengan Website Memanfaatkan Organic dan Paid Traffic

24 Mei 2023   15:14 Diperbarui: 24 Mei 2023   15:28 123
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Memperluas branding dan menjangkau target pasar serta audiens baru tentu menjadi keinginan para pebisnis. Cara yang dapat dilakukan untuk meraih keinginan tersebut adalah dengan membuat website bisnis atau website toko online.

"Untuk menjangkau target pasar dan audiens baru, pebisnis harus mengembangkan website dengan organic traffic dan paid traffic. Organic traffic didapatkan menggunakan SEO, sedangkan paid traffic didapatkan dengan menggunakan ads seperti Google Ads," jelas Google Ads & Digital Marketing Expert, Hariyanto Chung, dalam event Instagram Live Niagahoster x KiriminAja yang bertajuk "Sukses Branding dengan Website", Selasa, (23/5/2023).

Namun, untuk bisa mendapatkan paid traffic, salah satunya dengan Google Ads, pebisnis harus memahami basic fundamental SEO dan keyword planner. Agar bisa memahaminya, tentu dibutuhkan pendalaman dengan pelatihan atau workshop. 

Personal Touch dengan Bahasa Komunikasi yang Tepat

Persaingan dalam bisnis sudah menjadi hal yang wajar. Belum lagi untuk bisnis-bisnis yang memiliki produk yang mirip, bahkan sama persis. Pebisnis dengan produk yang sama pun harus pintar-pintar dalam strategi marketing agar memenangkan persaingan.

Unique selling point menjadi hal yang amat penting untuk diterapkan dalam menghadapi persaingan. Apalagi, semakin ke sini audiens semakin pintar untuk memahami bahwa konten yang sedang mereka baca atau mereka lihat berusaha untuk menjual produk pada mereka.

Strategi marketing harus terasa relevan antara penjual dan pembeli. Salah satunya dengan memanfaatkan personal touch dengan bahasa komunikasi yang tepat. Misalnya, dengan memanggil audiens atau pelanggan dengan panggilan tertentu yang akan menghadirkan kedekatan sehingga hubungan penjual dan pembeli terasa relevan.

"Bahasa komunikasi juga penting untuk diterjemahkan dengan copy writing pada website. Anggap website sebagai sales letter bisnis yang harus terkoneksi dengan audiens. Bahasa komunikasi yang baik juga harus ditunjang dengan desain visual. Dua hal itu adalah hal penting dalam branding menggunakan website," ujar Hariyanto Chung.

Menghadapi Perang Harga dengan Added Value

Perang harga menjadi salah satu tantangan terbesar bagi pebisnis. Terutama yang masih berjualan di marketplace dengan persaingan yang ketat. Pebisnis harus berjuang untuk memenangkan perang harga dan menarik perhatian konsumen meski harus mengambil untung yang minim.

Pebisnis dapat membuat pemetaan sederhana untuk kompetitor, sehingga dapat mengetahui bagaimana harus meletakkan brand dan produknya di tengah persaingan. Pemetaan tersebut juga dapat digunakan untuk membedakan target pasar secara lebih spesifik dan akan membantu menghadapi perang harga.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun