Mohon tunggu...
Neneng Uswatun Hasanah
Neneng Uswatun Hasanah Mohon Tunggu... Lainnya - Digital Marketing Enthusiast

seorang website dan digital marketing enthusiast

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Menambah Ilmu Bisnis dan Digital Marketing bersama Local Heroes

2 Februari 2023   10:02 Diperbarui: 2 Februari 2023   10:05 195
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Co-Founder GOTOSOVIE, Ewindha Sari, dan Owner Batik Kertabumi, Rifki Ali Hamidi, memberikan ilmu bisnis dan digital marketing pada para pelaku UMKM dan pebisnis di Semarang dalam acara #JelajahiPotensiBaru yang diadakan oleh Niagahoster dan KiriminAja, Selasa, 31 Januari 2023.

Sebagai dua local heroes yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta, keduanya tahu betul bagaimana struggle yang dihadapi oleh para pelaku UMKM dan pebisnis dari Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Ewindha yang memulai perjalanan bisnisnya dengan hanya berjualan frame custom di forum jual beli Kaskus pada tahun 2009 itu menyampaikan, menjalankan bisnis bukan melulu tentang bagaimana kita menjadi famous dan sukses di mata orang lain, melainkan diri kita sendirilah yang harus merasa sukses dalam hal sekecil apapun yang kita kerjakan.

Perjalanan panjang membangun dan mengembangkan bisnis yang dilalui oleh Ewindha membuatnya banyak belajar. Dari situ pula, ia menyadari bahwa tidak ada satu pebisnis pun yang tidak belajar. Semua pebisnis merupakan pembelajar sejati di sepanjang perjalanan mereka.

"Pebisnis pasti paham bahwa setiap kesalahan yang kita lakukan adalah bagian dari perjalanan menuju ke tujuan. Semua yang dilakukan belum tentu benar, dari situ kita semua bisa belajar dan melakukan yang lebih baik," ujarnya.

Ia juga menekankan bahwa bisnis sesungguhnya bukan hanya semata-mata untuk menjalankan hidup sehari-hari. Tapi bisnis juga bisa menjadi sebuah mimpi agar dapat bermanfaat bagi banyak orang. Membangun team yang solid, diwariskan pada keluarga, atau siapapun yang berdampak dan turut andil dalam bisnis tersebut.

Ewindha juga memberikan penjelasan pentingnya membangun produk dengan brand, karena brand merupakan identitas produk melalui voice, value, dan visual. Pebisnis harus menentukan pesan apa yang akan disampaikan kepada pelanggan dan mempelajar teknik copywriting serta pemilihan kata-kata yang sesuai dengan brand.

"Pebisnis juga harus mengetahui kekuatan apa yang dimiliki oleh brand atau produknya, yang berbeda dengan brand dan produk yang lain dan memiliki impact jangka panjang. Kemudian penting juga bagi pebisnis untuk menentukan visual bagi brand yang meliputi logo, font, warna, identitas, dan desain produk," lanjut Ewindha.

Materi dilanjutkan oleh Rifki Ali Hamidi, yang bukan hanya owner dari Batik Kertabumi, namun juga merupakan seorang pakar dalam digital marketing. Rifki pun memberikan penjelasan langkah yang bisa diikuti untuk memulai digital marketing serta mempelajari target pasar dan persaingan yang terjadi di setiap platform digital marketing.

Memahami pasar akan memudahkan suatu bisnis untuk menganalisa platform apa yang harus digunakan melalui situasi persaingan harga. Persaingan harga akan terjadi di pasar yang kecil dengan persaingan yang ketat. Pebisnis harus menghindari zona tersebut untuk mempertahankan harga produk.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun