Hotel merupakan tempat peristirahatan yang menjadi salah satu pilihan dari wisatawan domestik maupun mancanegara, baik ketika pergi berlibur maupun sedang melaksanakan pekerjaan.
Berdasarkan pengalaman berkunjung ke Hotel untuk sebuah kegiatan, pekerjaan, & Liburan. Hotel di Indonesia pada umumnya memiliki karakteristiknya masing-masing, dan memiliki branding yang berbeda-beda dengan level bintang yang berbeda pula.
Beberapa karakteristik Hotel di Indonesia khususnya, ada yang memiliki kelebihan dari pelayanan yang sangat baik mulai dari pelayanan sikap terhadap pelanggan, atau cara berkomunikasi dengan pelanggan.Â
Bahkan terdapat hotel dimana grooming pegawainya terlihat kasual dan lebih santai, begitupun dengan desain interior setiap ruangan di hotelnya di desain dengan tema yang lebih santai namun tetap nyaman.
Kemudian terdapat juga hotel yang memiliki kelebihan dari segi fasilitas yang sangat lengkap ada yang memiliki desain interior yang modern, kasual, minimalis, klasik, dll.Â
Mulai dari berbagai jenis tipe kamar dengan standar biasa sampai standar yang sangat mewah dan memiliki fasilitas lainnya yang lengkap seperti Area Bermain Anak, Kolam Renang, Gim, Ruang Spa, Ruang Pertemuan, Cafe, Supermarket, Parkir & Tempat Beribadah.
Kemudian terdapat Hotel yang memiliki harga yang terjangkau meskipun memiliki kualitas yang baik dan makanan yang disajikan/dijual sangat enak serta fasilitasnyapun cukup lengkap.
Serta terdapat juga Hotel dengan standar biasa, fasilitas tidak lengkap dan kurang nyaman, Pelayanan tidak menerapkan SOP (Standar Operasional Prosedur) secara khusus, grooming pegawai biasa.
Salah satu kegiatan yang pernah saya laksanakan di Hotel yaitu Table Manner (Etika Jamuan Makan), dimana Table Manner ini merupakan pelatihan yang dilakukan untuk melakukan jamuan makan resmi dengan serangkaian proses makan mulai dari hidangan pembuka sampai hidangan penutup serta cara-cara menggunakan alat makan yang tepat, Â pelatihan ini juga suka dilaksanakan oleh pegawai hotel.Â
Saya melakukan pelatihan ini bersama siswa setiap tahunnya, hal ini sangat bermanfaat ketika kita menghadapi acara-acara formal yang dilaksanakan di Hotel atau tempat lainnya, serta akan menjadi bekal yang bermanfaat  untuk siswa ketika mereka terjun ke Dunia Usaha/Dunia Industri.
Hotel merupakan salah satu bisnis dalam bidang pariwisata, yang memiliki peluang yang sangat baik dalam bisnis, terutama untuk kebutuhan peristirahatan ketika keluar kota baik untuk sebuah kegiatan, pekerjaan, atau untuk sekedar liburan.Â
Dengan mempertimbangkan hal tersebut, saat ini banyak Sekolah Menengah Kejuruan yang membuka khusus jurusan Perhotelan, sehingga Hotel dapat merekrut lulusan SMK dengan khusus jurusan Perhotelan untuk jabatan waiter/waitress, staf kitchen, Room Service, Housekeeping, Â dll.Â
Dan beberapa jurusanpun bisa dipertimbangkan untuk dilakukan pemasaran lulusannya ke industri perhotelan, seperti jurusan Manajemen Perkantoran & Layanan Bisnis yang bisa dijadikan sebagai Staff Administrasi/Receptionis/Customer Service.
Salah satu kualifikasi yang dibutuhkan untuk dapat berkerja di Hotel yaitu harus memiliki keterampilan dalam berkomunikasi bahasa inggris yang aktif, karena pelanggan dihotel tidak hanya dari domestik saja melainkan dari mancanegara dimana komunikasi yang digunakan oleh turis biasanya bahasa inggris.Â
Terutama jika jabatan sebagai Receptionis, yang secara langsung menerima tamu hotel yang akan check in/check out, atau bagian customer service yang melayani seluruh informasi yang dibutuhkan pelanggan terkait fasilitas pelayanan di hotel, dalam hal ini keterampilan komunikasi bahasa inggris sangat dibutuhkan oleh pegawai hotel terutama untuk jabatan-jabatan tertentu yang melayani pelanggan hotel secara langsung.
Setiap hotel memiliki berbagai keunikan atau sejarahnya masing-masing, dan memiliki aturan atau SOP yang berbeda, jadi ketika melamar pekerjaan ke perhotelan calon tenaga kerja diharapkan bisa mencari informasi terkait hotel yang akan menjadi tempatnya untuk melamar pekerjaan, formasi jabatan dalam lowongan pekerjaannya, serta kualifikasi yang dibutuhkan untuk hotel tersebut.
Misalnya untuk Receptionis dibutuhkan penampilan menarik, berat badan ideal, tinggi badan ideal, mampu berkomunikasi bahasa inggri dan bahasa indonesia dengan baik dan benar. Jika pelamar tidak memenuhi kualifikasi tersebut dianjurkan untuk melamar di back office.Â
Karena yang bekerja di Front Office suka tidak suka yang dicari perekrut yaitu yang memiliki penampilan prima , seperti receptionis ini harus mampu memberikan kesan pertama yang baik, sehingga memberikan citra hotelnya dengan sangat baik.
Adapun pada bagian back office penampilan tidak menjadi prioritas, namun keterampilan sangat di pertimbangkan, misalnya dalam bidang Finance, keterampilan yang dibutuhkan adalah pegawai yang mampu mengelola dan membuat sebuah laporan keuangan perusahaan secara periodik dengan menerapkan Siklus Akuntansi yang tepat.
Jika saya dapat bekerja di Hotel, jabatan yang membuat saya tertarik yaitu dalam bidang HRD (Human Resource Departement)Â atau bagian Kepegawaian. Dimana uraian pekerjaan dari bagian tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
- Menganalisis kebutuhan formasi tenaga kerja masing-masing departemen.
- Menentukan Formasi jabatan
- Melakukan Rekrutmen tenaga kerja baru ( Pengumuman formasi di forum publik, psikotes, wawancara, Tes User, MCU ( Medical Check Up )).
- Pengangkatan tenaga kerja baru
- Proses pelatihan tenaga kerja baru
- Penempatan tenaga kerja baru
- Administrasi tenaga kerja baru ( Pendataan, penandatangan kontrak/pegawai tetap, penyampaian SK).
- Pengelolaan administrasi harian.
- Evaluasi kinerja
- Dll.
Pekerjaan dalam bidang kepegawaian ini, menjadi tantangan bagi saya karena kita harus mampu mencari tenaga kerja yang dapat memberikan kontribusi positif untuk hotel, serta tenaga kerja yang memiliki etos kerja yang baik, memiliki integritas yang tinggi, mematuhi setiap aturan, dan memiliki pengetahuan serta keterampilan yang kompeten. Jadi saya tertarik jika mendapat kesempatan bekerja di Hotel, untuk dapat bergabung pada departemen HRD.
Setiap bidang pekerjaan memiliki keistimewaan dan resikonya masing-masing, yang penting bagaimana kita mampu menyukai pekerjaan bukan hanya sekedar memenuhi kesejahteraan, sehingga tidak menjadi beban berat dan setiap permasalahan mampu diselesaikan dengan baik.
Penulis : Neneng Sri Wahyuni
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H