Saya ada menjelaskan sedikit tentang pengertian dan pemikiran tokoh pendidikan esensialisme sesuai dengan pemahaman saya.Â
1.Pengertian filsafat pendidikan esensialisme
Pendidikan esensialisme adalah suatu pendidikan filsafat yang menimbulkan kepada kebudayaan- kebudayaan yang kuno atau lama, karena kebudayaan ini sering di jumpai atau sering terkenal sejak telah ada manusia.
Jadi kesimpulannya pendidikan esensialisme yakni pendidikan yang menunjukkan kepada nilai- nilai yang berdasarkan kebudayaan lama namun juga menguatkan pendidikan tersebut.
2.Pemikiran tokoh -- tokoh filsafat pendidikan esensialisme
A.Wiliiam C. Bagley
Beliau berpendapat bahwasannya pendidikan ada empat ciri- ciri yaitu
1. Minat yang kuat dan tahan lama
Dengan adanya minat yang kuat pendidikan akan berjalan secara lancar dan juga dapat mendorong minatnya dari dalam jiwa tanpa ada paksaan.
2. Pengawasan, bimbingan, dan pengarahan
Dengan ketiga- tiganya tersebut pendidikan akan menuju sesuai dengan harapan kita.
3.Mendisiplinkan diri
Pendidikan harus ada kedisiplinan, karena adanya sifat ini maka akan menimbulkan tujuan pendidikan yang amat baik.
4.Teori yang kokoh
Teori sendiri pemahaman yang kuat, namun di kalangan sekolah saat ini teori ini jarang di pakai karena sering menggunakan teori yang lama.
B. Â Thomas Briggs, Frederick breed dan isac L. Kandell
Ketiga tokoh tersebut berpendapat bahwasannya tujuan yang paling penting dalam pendidikan adalah dengan menyampaikan warisan budaya, karena budaya sudah ada sejak di peradaban manusia, dan juga dengan menyampaikan sejarah pada generasi muda.
Sekian terimakasih, semoga bermanfaat.Â