Saya akan menjelaskan sedikit tentang pengertian dan pemikiran tokoh- tokoh filsafat pendidikan progresivisme menurut pemahaman saya.Â
1.Pengertian filsafat pendidikan progresivisme
Aliran progresivisme ini berasal dari kata progres yang artinya kemajuan, namun secara langsung progresivisme ini adalah aliran yang di dalamnya membahas kemajuan dalam pendidikan dengan cara cepat tanpa ada keterlambatan. Â dan aliran ini sangat mempengaruhi kemajuan dalam pendidikan karena di aliran progresivisme ini lebih mendorong pendidikan kedalam materi atau dalam bidangnya yang di condong kan, dan juga sangat menekankan kedalam metode -- metode pengajaran dalam kelas, yang berpusat pada pendidikan anak- anak dan berfokus kepada guru pembimbing di dalam kelas tersebut. Aliran ini ternyata sudah terkenal di posisi seni di Indonesia,
2.Pemikiran tokoh -- tokoh filsafat pendidikan progresivisme
Tokoh- tokoh pemikiran pendidikan progresivisme yakni George axtelle, william O, stanley, Ernest bayley, Lawrence B Thomas, Frederick C. Neff pemikiran semua tokoh tersebut sama yang di dalamnya membahas tentang lingkungan yang baik yang isinya tentang manusia yang selalu berubah- ubah dan tidak selalu menetap, karena perubahan -- perubahan tersebut terjadi karena kemampuan manusia dan lingkungan itu sendiri, dan juga menaruh dampak positif dan negatif dalam kehidupan tersebut.
Dengan adanya pendidikan progresivisme dan pemikiran tokoh- tokohnya maka kemungkinan  pendidikan sangat di pentingkan untuk kemajuan proses belajar mengajar yang bermanfaat dalam lingkungan kemasyarakatan.Â
Sekian terimakasih.Â
Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H