Manajemen meletakan perhatian pada prinsip dasar menjalankan organisasi seperti mencari konsep organisasi, menyatukan pandangan banyak orang, serta menjalankan fungsi-fungsinya. Manajemen juga tentang bagaimana sebuah organisasi bisa menggunakan sumber dayanya secara optimal.
Sedangkan yaitu memberikan bimbingan, melaksanakan kepemimpinan, dan kontrol terhadap kinerja organisasi untuk mencapai tujuan bersama.
Management Study Guide (MSG) memberikan paparan yang jelas tentang perbedaan manajemen dan administrasi. Menurut MSG, perbedaan antara manajemen dan administrasi bisa dibagi menjadi dua sudut pandang. Pertama dari sudut pandang fungsi dasar, kedua adalah dari sudut pandang penerapan.
Perbedaan manajemen dan administrasi dari sudut pandang fungsi dasar
Dari pengertian dasar:
Manajemen adalah seni menyelesaikan sesuatu melalui orang lain dengan mengarahkan upaya mereka ke arah pencapaian tujuan yang telah ditentukan. Sedangkan administrasi berkaitan dengan perumusan tujuan, rencana & kebijakan yang luas.
Dari sifat dasar:
Manajemen adalah fungsi pelaksanaan. Sedangkan administrasi ada fungsi pengambilan keputusan.
Dari proses:
Manajemen memutuskan siapa yang harus melakukannya dan bagaimana harus melakukannya. Sedangkan administrasi memutuskan apa yang harus dilakukan dan kapan harus dilakukan.