Di masa pandemi yang seperti ini, pelaku UMKM menengah perlu pindah ke ruang digital agar mampu menjangkau pasar yang lebih luas dan bahkan pasr global.
Salah satu strategi pemasaran adalah melalui media sosial karena dapat membantu memasarkan produk dari pelaku UMKM itu sendiri. Banyak aplikasi media sosial saat ini mulai dari pesan instan, dan berkomunikasi satu sama lain.
Aplikasi media sosial bermaksud menginisisasi dan mengedarkan informasi terkait produk dan merek, dengan tujuan utama meraih enggae masyarakat luas. Dalam kontek bisnis people engagement dapat mengarah ke penciptaan profit.
Pemanfaatan pemasaran melalui media sosial memiliki beberapa keunggulan :
1. Target cepat diatur melalui demografi, demisili maupun gaya kebiasaan hidupnyaÂ
2. Biaya lebih murah daripada pemasaran konvensional.
3. Jangkauan lebih luas
Dari pelaksanaan kegiatan pengabdian KKN MIT DR 13 KELOMPOK 41 diperoleh bahwa sebenarnya pelaku UMKM menengah tertarik untuk menggunakan digital marketingmelalyi media sosial. Hanya saja mereka pelaku UMKM tersebut belum mengetahui lebih jauh cara menggunakan media tersebut. Saran dari kelompok kami adalah menggunakan media sosial dengan semampunya nanti seiring berjalannya waktu akan memperoleh pengetahuan sendiri. (Nendi Handriyanto(
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H