Mohon tunggu...
Nenden Farhatunnisa
Nenden Farhatunnisa Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pengenalan Evaluasi Pembelajaran

12 Oktober 2023   14:11 Diperbarui: 12 Oktober 2023   14:17 97
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Evaluasi merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan oleh para guru untuk mengetahui sejauhmana proses pembelajaran pada siswa, evalusi bertujuan untuk mengukur kemampuan belajar para siswa agar tercapainnya suatu proses pembelajaran.  Secara etimologi Evaluasi berasal dari bahasa Inggris yaitu evaluation dari akar kata value yang berarti nilai atau harga. Sedangakan secara harpiah, evaluasi pendidikan dalam bahasa arab sering disebut dengan al-taqdiraltarbiyah yang diartikan sebagai penilaian dalam bidang pendidikan atau penilaian mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan pendidikan (Sudiono, 2005). Evaluasi prmbelajaran bisa dilaksanakan melalui berbagai bentuk penilaian antara lain penilaian unjuk kerja (performance), penilaian sikap, penilaian tertulis, penilaian proyek, penilaian hasil kerja/karya peserta didik dan penilaian diri.  Tujuan evaluasi pembelajaran di sekolah adalah untuk mendapatkan informasi yang akurat mengenai pencapaian tujuan intruksioanal oleh siswa selain itu ada beberapa tujuan evaluasi diantaranya :

1. Menilai ketecapaian tujuan

Ada keterkaitan antara tujuan belajar metode evaluasi, dan cara belajar siswa. Cara evaluasi biasanya akan menentukan cara belajar siswa, sebaliknya tujuan evaluasi akan menentukan metode evaluasi yang digunakan oleh seorang guru.

2. Mengukur macam-macam aspek pelaharan yang bervariasi

Belajar dikatagorikan sebagai kognitif, afektif, dan psikomotorik. Batasan tersebut umuny a dikaitkan sebagai keterampilan, pengetahuan dan nilai. Semua tipe belajar sebaiknya dievaluasi dalam proposi yang tepat.

3. Memotivasi belajar siswa

Evaluasi juga harus dapat memotivasi belajar siswa. Guru harus menguasai bermacam-macam teknik memotivasi.

4. Menjadikan hasil evaluasi sebagai dasar perubahan kurikulum

Keterkaitan evaluasi dengan instrusional adalah sangat erat. Hal ini karena evaluasi merupakan bagian dari intruksional.

5. Menentukan tindak lanjut hasil penilain

Yakni melakukan perbaikan dan penyempurnaan dalam program pendidikan dan pengajaran stategi pengajarannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun