Mohon tunggu...
Nena Aprilia Santoso
Nena Aprilia Santoso Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi

a learner

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Blibli dan Tiket.com Raih Trenasia ESG Awards 2023, Ulik Tuntas Strategi Praktik Ekosistem Mereka!

23 September 2023   20:44 Diperbarui: 23 September 2023   20:55 240
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

30 Agustus 2023 lalu, dua e-commerce karya anak bangsa yang ada di bawah naungan PT Global Digital Niaga, yaitu Blibli dan Tiket.com berhasil meraih penghargaan bergengsi TrenAsia ESG Awards 2023 dengan predikat sustainability dalam kategori perusahaan teknologi. TrenAsia sendiri merupakan sebuah ajang penghargaan melalui inovasi perusahaan guna penciptaan masa depan yang lebih baik. Penilaian ajang tersebut dilihat dari pengelolaan finansial, simpati terhadap lingkungan, atensi terhadap kendala sosial, dan sistem kelola suatu perusahaan yang dapat mendorong siklus operasional yang berkelanjutan. Dengan meraih penghargaan ini, omnichannel Blibli dan tiket.com menerapkan gagasan yang mampu mendorong keberlanjutan dalam sisi ESG. Jika dilihat melalui aspek lingkungan, Blibli dan Tiket.com telah melakukan:

  • Penggunaan motor listrik ramah lingkungan untuk pengiriman Blibli Express Service (BES)
    Dukungan Blibli terhadap kegiatan operasional distribusi paket sejalan dengan data yang dikutip dari riset Deloitte Indonesia dan Foundry bahwa penggunaan motor listrik di Indonesia mengalami peningkatan yang pesat di tahun 2022 yaitu sebesar 25.782 unit dibanding tahun 2020 yang hanya berjumlah 1.947. Dengan meningkatnya kepedulian masyarakat terhadap sustainability product, Blibli menggunakan peluang tersebut guna efisiensi kegatan operasional yang ramah lingkungan.
  • Memberikan kontribusi recycle dan upcycle dalam pengelolaan sampah
    Sebagai inisiator e-commerce yang berprinsip sustainable business dan menerapkannya pada aspek ESG, Blibli dan Tiket.com aktif mendorong konsumen maupun mitra bisnis untuk mengumpulkan kemasan produk bekas melalui program-program ramah lingkungan. Salah satunya ada di program Langkah Membumi yang dilaksanakan pada tanggal 11 November -- 4 Desember 2022 lalu. Dalam acara tersebut, Blibli turut menggandeng Liberty Society yang merupakan social enterprise dengan mengedepankan produk eco-friendly dan menjalankan bisnis b2b dengan memanfaatkan potensi perempuan lokal. Para pengunjung disuguhkan oleh beragam produk olahan eco-friendly yang dibuat oleh mitra bisnis terpilih Blibli. Dari program Langkah Membumi serta beberapa program ramah lingkungan lainnya, Blibli dan Tiket.com berhasil mengumpulkan 2.600 kg sampah yang kemudian akan diolah dan dipamerkan pada program Langkah Membumi atau program ramah lingkungan lainnya.

Jika dilihat dalam konteks sosial Blibli dan Tiket.com telah mempraktikan beberapa program, diantaranya:

  • Program Jagoan Pariwisata
    Untuk mencakup kolaborasi yang lebih luas, Tiket.com mengeluarkan program Jagoan Pariwisata sebagai program pemberdayaan untuk pengusaha sektor wisata dari 4 jejaring Desa Wisata (JADESTA). Pada program ini, Tiket.com memfasilitasi pendampingan dan pelatihan bagi mereka secara hybrid guna meraih penghargaan dari program Jagoan Pariwisata. Tak hanya melibatkan para pelaku usaha wisata, namun juga melibatkan para karyawan Tiket.com yang profesional dalam bidang tersebut. Secara terstruktur, para profesional tersebut akan membimbing dan membina keterampilan pelaku usaha di tiap-tiap desa wisata. Dengan adanya keterlibatan para profesional tersebut, diharapkan mereka akan memiliki pengetahuan yang mendalam terkait tantangan di tiap-tiap desa wisata dan mampu bantu merangkai strategi bisnis wisata bersama pelaku usaha wisata. Dengan begitu, bersama-sama mereka memberikan kontribusi yang lebih besar untuk perekonomian nasional.
  • Program Kakak Asuh UMKM
    Dalam mengusung program Kakak Asuh UMKM, Blibli melakukan kolaborasi dengan Kementerian Koperasi dan UMKM atau Kemenkop UMKM serta Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UMKM atau LLP-IMKM. Dalam program ini, Blibli menyediakan kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi UMKM guna menghasilkan pengusaha UMKM yang lebih kompeten dibidangnya. Kegiatan pelatihan dan pendampingan UMKM dilakukan oleh para mitra usaha Blibli yang profesional, terutama dalam bidang usaha online. Program yang telah dilakukan di tahun 2020 silam berhasil menarik 234 UMKM untuk ikut serta dalam kegiatan peningkatan kapabilitas digital bisnis mereka.
  • Program The Big Start
    Mengetahui potensi UMKM yang merajalela dalam menyumbang perekonomian dalam negeri sebesar 99,92% dari total usaha di Indonesia, Blibli mengusulkan program The Big Start pada tahun 2016 lalu. The Big Start merupakan kompetisi usaha yang berisikan pengusaha UMKM sebagai peserta dengan tujuan akhir setelah mengikuti kegiatan ini, masing-masing peserta mampu mengembangkan usaha mereka. Program ini berisikan kegiatan berupa pembekalan pengetahuan terkait pengembangan UMKM, pelatihan, networking, hingga penyediaan modal usaha. Program TBS ini nantinya akan menjadi jembatan para pelaku UMKM kreatif dalam negeri dengan pasar internasional melalui ajang pameran kerja sama dengan Kementerian Perindustrian yaitu International Expo.

Yang terakhir adalah kontribusi Blibli dan Tiket.com dalam konteks pemerintah, yaitu:

  • Menampung aspirasi dari karyawan Tiket.com
    Untuk mendorong kemajuan ekosistem bisnisnya, Blibli dan Tiket.com memberikan fasilitas berupa employee experience melalui engagement system berbasis AI. Program ini diberlakukan guna seluruh karyawan Tiket.com maupun Blibli mampu menyampaikan aspirasi mereka secara demokratis. Diharapkan dari keterlibatan karyawan dalam menyampaikan aspirasi mampu menciptakan budaya lingkungan kerja yang profesional dan akomodatif sehingga mendorong kompetensi karyawan untuk lebih unggul.

Dari 3 kategori kegiatan yang dilakukan oleh Blibli dan Tiket.com, dalam penghargaan Trenasia ESG Awards 2023 mereka memperoleh rata-rata skor 85,33 dengan masing-masing skor untuk aspek sosial bernilai 89, aspek lingkungan bernilai 87, dan aspek tata kelola bernilai 80. Pencapaian penghargaan tersebut sejalan dengan pernyataan dari Lisa Widodo selaku COO dan co-founder Blibli yang menyatakan cita-cita dari omnichannel tersebut yaitu melakukan aneka aksi hijau yang berdampak untuk sekitar dan melaksanakan operasional yang bertanggungjawab serta ramah lingkungan. Dengan begitu Blibli dan Tiket.com selalu berusaha memberikan output produk dengan harga terjangkau namun juga tetap mengedepankan tata kelola keberlanjutan dalam kegiatan operasional perusahaan (18/09/2023).

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun