Mohon tunggu...
Abraham Nelson Sitompul
Abraham Nelson Sitompul Mohon Tunggu... wiraswasta -

Hmm.. siapa saya? Cuman seseorang yang mencoba hidup dari internet sih..

Selanjutnya

Tutup

Money

Masih Relevankah Pasang Iklan Gratis?

15 Oktober 2013   02:18 Diperbarui: 24 Juni 2015   06:31 478
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Dalam dunia internet banyak sekali media pemasangan iklan gratis yang ditawarkan. Mulai dari yang sistem manual dengan pertimbangan menyeleksi iklan yang akan di pasang, hingga metode otomatis yang akan menanyangkan secara langsung iklan toko online yang ada kelola. Apakah pemasangan iklan seperti ini masih relevan?

Saya selaku pengamat bidang marketing online yang masih seumur jagung melihat banyak media pemasangan iklan toko online di dunia internet yang kurang relevan dan kurang berdampak positif. Pendapat saya ini didasari pemikiran, jika ada seseorang yang ingin membeli produk melalui dunia internet, apakah dia akan mencari dengan kata kunci iklan gratis? Padahal kebanyakan media pemasangan iklan gratis yang bertebaran di dunia internet tidak pernah melakukan optimasi kata kunci yang diinginkan oleh pesang iklan di situsnya. Hal ini adalah wajar karena semuanya dilakukan secara gratis apalagi secara otomatis pula. Kalaupun pihak pengelola situs iklan gratis bagi pemilik toko online ini melakukan optimasi, pasti yang dilakukan adalah optimasi pada kata kunci iklan gratis. Hal ini didasari karena ingin mendapatkan update rutin setiap hari pada situsnya dan jelas visitors yang tinggi karena berada di halaman pertama search engine.

Tujuan akhir dari pemilik situs iklan gratis bagi toko online di atas adalah situsnya sebagai media pemasangan iklan berbayar maupun pagerank (suatu skor popularitas situs yang dikeluarkan oleh search engine). Jika keduanya telah teraih, kadang situs dialih fungsikan menjadi sosial bookmark yang lebih menguntungkan bagi pemilik situs iklan gratis tersebut. Salah satu ciri khas situs iklan gratis yang ke depannya akan beralih fungsi adalah memiliki nama domain yang tidak berhubungan dengan iklan gratis.

Pendapat di atas bukan sebagai justifikasi atas keinginan meraup keuntungan pribadi. Toh, selama ada pihak yang memasang iklan toko online di tempatnya, ya sah aja teknik tersebut dilakukan. Pertanyaannya, apakah pebisnis online yang memasang iklan situsnya di media iklan gratis ini mendapatkan potensial visitors?  Atau minimal ada yang menelepon atau megirimkan email pertanyaan perihal produk yang diiklankan?

Pikirkan, apakah ada orang yang ingin membeli sepatu di media internet yang mengetikkan kata kunci iklan gratis? Jawaban atas pertanyaan ini perlu anda lanjutkan dengan pertanyaan masih relevankah memasang iklan gratis di situs online?

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun