Sebuah pelayanan kesehatan yang berkualitas ternyata tidak hanya bergantung pada keahlian medis, tetapi juga pada penerapan etika dan komunikasi yang efektif oleh para tenaga kesehatan. Seperti pada Klinik Prambanan yang berlokasi di Jl. Prambanan No.1, Penganjuran, Kec. Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, sebagai tempat pertama yang dituju oleh masyarakat untuk mendapatkan perawatan kesehatan dan memainkan peran penting dalam menjaga kepercayaan dan kepuasan pasien. Untuk itu, etika dan komunikasi efektif menjadi peran penting yang tidak dapat diabaikan dalam membangun sistem pelayanan kesehatan yang unggul.
Etika profesi kesehatan merupakan aspek yang sangat penting dalam memastikan bahwa perawatan kesehatan diberikan dengan integritas, adil, dan memprioritaskan kesejahteraan pasien. Penerapan etika kesehatan mencakup empat prinsip dasar diantaranya :
1. Otonomi
Pasien memiliki hak untuk membuat keputusan sendiri dalam perawatan kesehatan mereka
2. Kebaikan
Tenaga kesehatan harus selalu mengutamakan keselamatan dan kesejahteraan pasien
3. KeadilanÂ
Memberikan pelayanan yang setara kepada semua pasien tanpa memandang latar belakang sosial, ekonomi, atau budaya
4. Tidak melukai
Etika juga mencakup tindakan profesional tenaga kesehatan untuk tidak merugikan dalam proses perawatan pasien serta senantiasa bertanggungjawab dalam melakukan tugasnya
Komunikasi yang baik dapat membantu membangun kepercayaan antara pasien dan tenaga kesehatan. Hal ini juga dapat menjadi tolak ukur untuk meningkatkan kepuasan pasien dan menentukan kualitas layanan kesehatan. Komunikasi yang efektif memudahkan pasien untuk memahami pesan dan informasi kesehatan yang disampaikan oleh tenaga medis.Â